Begini Caranya Supaya Bisa Menyantap Hidangan Lebaran tapi Tetap Sehat

May 02, 2022 11:37
Hidangan saat lebaran. (Foto: Shutterstock)
Hidangan saat lebaran. (Foto: Shutterstock)

JATIMTIMES- Merayakan lebaran tak lengkap rasanya jika tidak menyantap beragam hidangan makanan. Banyak pilihan makanan berlemak, bersantan, serta yang manis-manis, cukup menggoda. 

Apalagi dengan adanya hidangan opor ayam, ketupat sayur, rendang dan semur. Belum lagi berbagai kue seperti nastar dan kaastengel di atas meja, siapa yang bisa menolak.

Namun di balik kelezatan makanan ini, ada kalori dan lemak tinggi. Jika tidak diperhatikan, malah membahayakan kesehatan. Jika itu dikonsumsi secara berlebihan bisa mendatangkan berbagai masalah kesehatan mulai dari sembelit, meningkatnya kolesterol hingga kenaikan berat badan.

Namun kalian tetap bisa menyantap hidangan lezat saat Lebaran nanti asalkan dibatasi konsumsinya. Ada beberapa cara merayakan Hari Idul Fitri dengan lebih sehat.

Di antaranya:

1. Sarapan Menu Ringan seperti Kurma

Saat akan menjalankan Salat Idul Fitri haram hukumnya bagi umat muslim untuk berpuasa. Bahkan Nabi Muhammad SAW menganjurkan makan dan minum terlebih dahulu sebelum menunaikan salat.

Kurma merupakan makanan yang disarankan disantap sebelum salat. Setelah itu diikuti dengan segelas air putih. Buah kurma kaya akan nutrisi dan gula yang bisa memberikan energi sehingga tubuh terasa lebih sehat dan kuat saat menjalankan salat.

2. Makan Porsi Kecil

Selama sebulan berpuasa, tubuh terbiasa dengan pola makan tertentu. Beri waktu bagi tubuh untuk kembali beradaptasi. Karena itu lebih baik  makan dengan porsi kecil akan membuat tubuh perlahan-lahan terbiasa lagi dengan pola makan pada umumnya. Selain itu juga menghindari rasa begah yang membuat perut tak nyaman.

3. Kurangi Makanan Manis

Jika ingin menikmati kur kering sebaiknya dibatasi konsumsinya. Sebab menyantap makanan manis berlebihan bisa membuat perut terasa penuh, mual dan lemas karena lonjakan kadar gula dalam darah.

Ditambah lagi kandungan kalori dalam kue-kue lebaran yang sangat tinggi. Sehingga penting untuk memakan kue kering secukupnya saja, maksimal 4-5 buah sehari.

4. Santap Makanan Bervariasi

Santaplah menu dengan gizi lengkap. Jika sudah makan opor ayam dan ketupat, maka penuhi juga kebutuhan nutrisi lainnya dengan sayur dan buah-buahan. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap akan membuat tubuh berenergi seharian. Terutama jika kegiatan kaliam pada Hari Lebaran diisi dengan silaturahmi dari rumah ke rumah.

5. Imbangi dengan Banyak Makan Sayuran

Makan banyak sayuran akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang mungkin hilang atau berkurang selama satu bulan berpuasa. Selain itu kandungan serat yang tinggi bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

6. Konsumsi Probiotik

Konsumsilah probiotik di sela-sela jam makan sebagai salah satu caramu merayakan Hari Lebaran dengan cara yang sehat. Probiotik yang terkandung dalam keju, yoghurt atau acar akan membantu kesehatan pencernaan supaya perut terasa lebih nyaman serta mencegah sembelit.

7. Minum Air Putih

Air putih memegang peranan sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh di Hari Lebaran. Makan berlemak dan berkalori tinggi harus diimbangi dengan asupan cairan yang cukup. Minumlah minimal delapan gelas sehari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
rayakan lebaranIndah Citra Lestari Fitriani

Berita Lainnya

Berita

Terbaru