Atasi Sampah Liburan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Kerahkan 300 Petugas Kebersihan

May 02, 2022 11:15
Para petugas kebersih Kota Batu saat memungut sampah di kawasan Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Para petugas kebersih Kota Batu saat memungut sampah di kawasan Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES- Libur lebaran Kota Batu kembali dipadati wisatawan dari berbagai daerah. Mengantisipasi lonjakan sampah seiring banyaknya wisatawan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu menyiagakan 300 petugas untuk menjaga kebersihan Kota Batu. “Semua petugas, kami siagakan, mulai dari tingkat Desa/Kelurahan hingga Kecamatan,” ucap Aries. 

Selain menyiagakan petugas, juga 18 armada Dum Truk  dan 36 Pikap pengangkut sampah. Selain itu juga menyiagakan penyapu jalan otomatis. “Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) juga tetap memberikn pelayanan,” beber ries.

Aries menambahkan, disiapkannya personel dan sarana untuk penanganan sampah saat arus mudik dan libur lebaran, karena peningkatan volume sampah sangat signifikan. Sehingga perlu juga disiapkan fasilitas penampungan sampah terpilah oleh pengelola stasiun dan terminal di beberapa lokasi.

Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup kecamatan dan pengemudi truk sampah juga telah diinstruksikan untuk stanby di  tempat Penampungan Sampah Terpadu.

Menurutnya hal ini merupakan strategi, dilakukan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal pada saat libur hingga H+1 Lebaran. Juga supaya kondisi lingkungan sekitar TPS tetap nyaman, tidak berbau menyengat serta menghindari berkembangnya lalat dan vektor penyakit lainnya.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kami sudah mengantisipasi peningkatan tersebut. H+7 sampai dengan H+10 operasional pengangkutan sampah akan sangat optimal," tambah Aries mantan Camat Batu ini.

Bahkan TPST Tlekung tetap beroperasi 24 jam selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah.Puluhan  personel ditugaskan piket di tempat pengelolaan sampah TPST Tlekung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota BatuAries Setiawan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru