Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Kisah Baju Rasulullah yang Membawa Keberkahan untuk Banyak Orang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

05 - May - 2022, 11:16

Ilustrasi (sumber: tafakkur fiddin)
Ilustrasi (sumber: tafakkur fiddin)

JATIMTIMES - Alkisah, seorang pengemis mengetuk rumah Rasulullah SAW. Pengemis itu kemudian berkata, "saya pengemis ingin meminta sedekah dari Rasulullah". Rasulullah kemudian bersabda, "wahai Aisyah berikan baju itu kepada pengemis itu".

Aisyah pun kemudian melakukan perintah dari Rasulullah, dan memberikan baju untuk sang pengemis. Pengemis itu riang gembira menerima baju pemberian dari Rasulullah. Setelah menerima baju dari Rasulullah itu, ia kemudian langsung pergi ke pasar dan berseru pada semua orang.

"Siapa yang mau membeli baju Rasulullah?," kata pengemis. Mendengar hal itu orang-orang yang berada di pasar kemudian berkumpul dan tertarik ingin membeli baju Rasulullah itu. 

Kemudian terdapat seseorang yang kaya, namun buta mendengar seruan dari pengemis tersebut. Ia kemudian memerintahkan budaknya untuk membeli baju tersebut dengan harga berapapun. Ia juga mengatakan kepada budaknya, jika berhasil mendapatkan baju tersebut, maka budak tersebut akan merdeka.

Budak tersebut kemudian berhasil mendapatkannya dan menyerahkan kepada tuannya yang buta tersebut. Alangkah gembiranya si buta tersebut mendapatkan baju milik Rasulullah. Dengan memegang baju Rasulullah tersebut, orang buta tersebut kemudian berdoa dan berkata, "ya Rabb dengan hak Rasulullah dan berkat baju yang suci ini, kembalikanlah pandanganku".

Dan atas izin dari Allah, orang buta tersebut pengelihatannya kembali normal. Ia lantas menemui Rasulullah. Ia  berkata,"wahai Rasulullah, pandanganku sudah kembali dan aku kembalikan baju anda sebagai hadiah dariku".

Sebelum itu, orang buta tersebut sempat menceritakan kejadian sebelumnya. Sehingga, Rasulullah pun kemudian sempat tertawa hingga memperlihatkan gigi gerahamnya.

Rasulullah kemudian bersabda kepada Aisyah, "Perhatikanlah baju itu wahai Aisyah, dengan izin dan berkah-nya, ia telah mengkayakan orang yang miskin, menyembuhkan orang yang buta, memerdekakan budak dan kembali lagi kepada kita,".

Sahabat yang beriman, itulah tadi kisah, bagaimana Rasullullah bersedekah dengan bajunya yang diberikan kepada pengemis, diolah dari Channel Taffakur Fiddin. Atas izin Allah, apa yang dia berikan pada pengemis tersebut kemudian membawa keberkahan bagi banyak orang. Apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW tersebut kiranya bisa menjadi teladan bagi kita umat-Nya.


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus