Halalbihalal Tahun 2022, Gubernur Jatim Minta Taati Aturan Kapasitas Ruangan

May 01, 2022 12:45
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau bagi yang akan menggelar halalbihalal khususnya di Jawa Timur memperhatikan jumlah kapasitas ruangan.

Sebab Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 003/2219/SJ tentang Pelaksanaan Halalbihalal pada Idul Fitri Tahun 1443 H/2022. Dalam SE itu mengatur jumlah tamu selama halalbihalal yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Ya kegiatan halalbihalal harus disesuaikan dengan level kasus Covid-19 pada masing-masing kabupaten/kota. “Aturannya jumlah tamu halalbihalal dibatasi sesuai dengan kapasitas ruang,” ungkap Khofifah.

Rinciannya, untuk daerah berstatus PPKM level 1, tamu yang bisa hadir di acara halalbihalal adalah 100 persen. Kemudian 75 persen untuk daerah yang masuk kategori level 2.

Sedangkan yang masuk PPKM level 3 tamu yang dapat hadir hanya 50 persen dari kapasitas tempat. “Kalau yang hadir seratus orang atau lebih tidak diperkenankan makan di tempat, bisa dibawa pulang,” tambah Khofifah.

Kemudian saat halalbihalal harus menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah daerah diminta untuk membuat peraturan lebih lanjut di daerahnya masing-masing dengan terus memperkuat disiplin protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer secara berkala, serta selalu menjaga jarak.

Langkah tersebut dilakukan untuk meminimalisasi potensi penularan Covid-19 dari klaster kerumunan Lebaran 2022. “Koordinas dengan seluruh daerah pun kami lakukan demi mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Khofifah.

Dengan SE tersebut Khofifah meminta pemerintah daerah juga warga di wilayah Jatim untuk memperhatikan hal tersebut. Tak hanya itu, masyarakat juga diimbau untuk menghindari acara ramai yang memungkinkan peserta membuka masker karena rawan penularan Covid-19.

Masyarakat juga diminta tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat yang pengaturannya diatur lebih lanjut oleh Pemerintah Daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Khofifah Indar ParawansaGubernur Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru