Adanya Pasar Takjil Kota Malang, Hidupkan Kembali Ekonomi Masyarakat di Era Pandemi

Apr 28, 2022 20:19
Suasana Pasar Takjil di Kota Malang. (Foto: Astria Wahyu Andini).
Suasana Pasar Takjil di Kota Malang. (Foto: Astria Wahyu Andini).

JATIMTIMES - Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu oleh umat muslim. Hanya di bulan inilah pasar takjil diadakan. Pasar takjil selalu ramai di berbagai daerah. Masyarakat pun selalu antusias dalam menyambut aneka kuliner yang dijual di sana. 

Tidak hanya makanan berat dan minuman segar yang ditawarkan tetapi juga banyak camilan yang kekinian yang ditawarkan kepada masyarakat. Makanan kekinian dan juga viral bisa kita dapatkan di pasar takjil ini. Pasar takjil sudah tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Selain antusias untuk masyarakat, pasar takjil ini dapat menjadi kesempatan bagi para umkm di sektor industri untuk menjual dagangan mereka.

takjil-2-01441c74994a1e3bec.jpg

Keadaan Pasar Takjil di Masa Pandemi

Saat ini, Indonesia sedang dalam masa pandemi, masyarakat pun harus mematuhi protokol yang sudah diatur oleh pemerintah. Menjaga jarak, memakai masker, dan mengurangi mobilitas. Tetapi, saat bulan puasa dari pihak konsumen atau masyarakat pasti menyukai sesuatu yang instan untuk hidangan berbuka.

Nah,pasar takjil hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyediakan makanan instan seperti sayur instan, minuman segar, dan cemilan lainnya. Seperti di Kota Malang, terdapat pasar takjil yang diselenggarakan di Jalan Surabaya, tepatnya di depan gerbang pintu Universitas Negeri Malang di Jalan Terusan Surabaya. 

Meskipun pandemi seperti ini, banyak pedagang yang berjualan untuk menyambung hidup mereka. Terkadang macet pun tidak dapat terhindarkan akibat adanya pasar takjil seperti ini. Antusiasme masyarakat Kota Malang sangat luar biasa. Diharapkan selain para petugas yang berjaga untuk menertibkan para pembeli di pasar takjil ini, masyarakat seperti kita juga dihimbau tidak terlalu berkerumun dan berebut jajanan, kita dapat mengantre dengan tetap menjaga jarak supaya Covid-19 tidak menyebar lagi. 

Lapangan Pekerjaan Baru 

Dengan adanya pasar takjil ini, tentunya akan membuka lapangan pekerjaan baru untuk para penjual. Penjual yang biasa berkeliling untuk memasarkan jualannya sekarang dapat duduk manis dan hanya menyediakan meja untuk menata barang dagangannya. 

Tidak hanya para penjual, mahasiswa Universitas Negeri Malang pun dapat belajar berjualan seperti HMD dari Ekonomi Pembangunan dari divisi Kewirausahaan yang ikut serta dalam berjualan di pasar takjil ini. Warga sekitar pun juga diuntungkan karena dapat membuka lapangan pekerjaan baru, seperti berjualan kolak ataupun es campur saja sudah mendapatkan untung yang lumayan. 

Pasar takjil ini dapat menjadi wadah untuk para penjual yang utamanya terdampak dari pandemi Covid-19, dengan pasar takjil ini penjual dapat meraih untung karena pembeli pun pastinya akan ramai berdatangan apalagi antusias Warga Malang yang cukup diapresiasi karena setiap hari tidak ada kata “sepi”.

Tidak seperti pegawai ASN yang sudah pasti memiliki tunjangan dari pemerintah, masyarakat biasa yang tidak mempunyai penghasilan tetap pasti akan memutar otak mereka untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Tidak hanya itu, sekarang bahan pokok mulai naik seiring berakhirnya bulan puasa, ini dapat menjadi kesempatan untuk para pedagang untuk memasarkan dagangannya dan meraup untung sebanyak banyaknya.

Pemerintah Memfasilitasi Pasar Takjil

Disini tidak hanya peran dari masyarakat dan penjual saja yang harus ada dalam penyelenggaran pasar takjil ini, tetapi pemerintah harus ikut serta di dalamnya. Pemerintah dapat memfasilitasi dengan menyediakan tenda ataupun meja dan kursi untuk berjualan. 

Selain itu, sebaiknya pemerintah tetap memantau supaya penyebaran rantai Covid-19 tidak akan merambah lagi. Meskipun sekarang sudah terdapat banyak kelonggaran seperti masyarakat maupun penjual dapat berinteraksi dengan mematuhi protokol yang ada. 

Sebaiknya, pemerintah juga tidak lengah dengan keadaan ini, pemerintah dapat memfasilitasi seperti memberi masker kepada penjual atau pembeli, menyediakan handsanitizer di titik-titik tertentu, serta mengirim anggota kepolisian untuk menjaga dalam menertibkan pasar takjil ini.Selain agar tidak macet hal ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi adanya kriminalitas dari pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Masyarakat, penjual, maupun pemerintah harus bahu-membahu supaya pasar takjil ini dapat terselenggara setiap tahunnya dengan tidak mengurangi suasana ramadhan yang hangat ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pasar takjilKota MalangPasar takjil Kota Malangruang mahasiswa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru