Penerima BLT Migor dan Sembako di Kota Batu Sudah 98 Persen, 171 KPM Belum Terima

Apr 28, 2022 19:48
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau penyaluran BLT Minyak Goreng dan Sembako di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau penyaluran BLT Minyak Goreng dan Sembako di Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemkot Batu telah menganggarkan bantuan tunai kepada 8.690 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Batu. Dari jumlah itu belum semuanya menerima, hingga saat ini sudah 98,09 persen.

Dengan demikian masih ada 171 KPM di Kota Batu belum menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng dari total 8.690 KPM. “Masih ada 171 KPM belum menerima BLT migor. Ini karena mereka tidak hadir saat diundang pembagian migor di kantor desa/kelurahan masing-masing,” kata Sekretaris Dinas Sosial Kota Batu, Adiek Imam Santoso.

Para penerima BLT tidak hadir karena alasan yang beragam. Mulai waktu yang kurang tepat atau berhalangan, hingga dari pihak keluarga tidak ada yang mengantar karena penerima ada yang lansia (lanjut usia).

Agar tersalurkan bagi mereka yang belum menerima nantinya akan diberikan secara door to door oleh PT Pos Indonesia dengan target hingga tanggal 28 April.

“Namun jika hingga hari terakhir ini penerima tidak ada di rumah maka BLT akan dikembalikan ke negera. Karena BLT tidak bisa diwakilkan karena penerima harus difoto,” ujar pria yang akrab disapa Dedek ini.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Batu Ririk Mashuri menambahkan, bantuan itu diberikan menindaklanjuti surat keputusan Menteri Sosial RI No. 52/HUK/2022 pada 7 April 22, tentang Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode April Mei dan Juni 2022.

“Sasaran Keluarga Penerima Manfaat sejumlah 8.690 warga se Kota Batu, menerima bantuan tunai Rp 500 ribu yang disalurkan,” ucap Ririk.

Dengan uang itu warga diminta untuk membeli minyak goreng Rp 100 ribu per bulan. “Nanti harus dibelanjakan minyak goreng Rp 300 ribu, mulai bulan April, Mei, dan Juni,” ujar Ririk.

“Gak boleh dibelanjakan yang lain, harus minyak goreng,” tambah Ririk. Sisanya Rp 200 ribu untuk bantuan program sembako bulan Mei tahun 2022 sejumlah Rp 200 ribu.

Dengan adanya bantuan tunai ini diharapkan bisa membantu warga di Kota Batu di tengah tingginya harga minyak goreng dan sembako.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BLT kota batucarity hondaBantuan Langsung Tunai

Berita Lainnya

Berita

Terbaru