Keistimewaan Salat di Masjid Quba, Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah atas Dasar Takwa

Apr 30, 2022 12:45
Tampak luar Masjid Quba. (Foto: Istimewa)
Tampak luar Masjid Quba. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Masjid Quba, salah satu masjid bersejarah bagi umat Islam. Bagaimana tidak, Masjid Quba merupakan Masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW atas dasar takwa.

Masjid Quba dibangun tepatnya pada tanggal 8 Rabiul Awal atau 23 September 622 Masehi. Masjid Quba terletak di sebuah desa bernama Quba yang berjarak kurang lebih 6 kilometer dari Kota Madinah. Saat ini, Masjid Quba beserta desa tersebut telah masuk dalam wilayah Kota Madinah.

Berdasarkan berbagai sumber yang dihimpun JatimTIMES.com, alasan masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW diberi nama Masjid Quba, dikarenakan masjid ini dibangun di samping Desa Quba. Lalu penamaan Desa Quba juga dikarenakan di dalam kawasan tersebut memiliki sumur yang terkenal bernama Sumur Quba.

Menurut beberapa riwayat, Masjid Quba merupakan masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW pada saat hijrah ke Kota Madinah. Masjid Quba Madinah merupakan bangunan yang didirikan atas dasar takwa.

Lebih lanjut, menurut catatan sejarah hal tersebut dikarenakan masjid ini dibangun oleh Rasulullah SAW pada saat unta yang di tungganginya berhenti dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Kemudian dibangun lah Masjid Quba tersebut. Rasulullah SAW pun turut serta dalam pembangunan Masjid Quba hingga badannya dipenuhi debu dan pasir. Tercatat, Masjid Quba merupakan bangunan Masjid pertama di Kota Madinah sebelum Masjid Nabawi.

"Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS At-Taubah [9]: 108).

Setelah Masjid Quba berdiri, Rasulullah SAW menjadi imam ketika melaksanakan salat berjamaah secara terbuka bersama para sahabat. Di mana pada saat itu, kiblat Masjid Quba masih mengarah ke Masjid Al-Aqsha.

Masjid Quba pada saat petang.

Ratusan tahun berlalu, Masjid Quba semakin diperluas hingga saat ini memiliki luasan mencapai 5.860 meter persegi dan berdaya tampung hingga 20.000 jemaah.

Adapun, fasilitas di kawasan Masjid Quba ini, yakni memiliki 7 pintu masuk utama dan 12 pintu masuk tambahan. Kemudian, terdapat 4 menara, 56 kubah kecil berdiameter 6 meter, perpustakaan hingga pusat pemasaran.

Tidak hanya memiliki nilai sejarah, Masjid Quba juga memiliki beberapa keistimewaan dan keutamaan yang dapat dijadikan amalan untuk menambah keimanan umat Islam kepada Allah SWT.

Beberapa hadis mencatatkan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri mendatangi Masjid Quba dan melakukan Salat Sunnah dua rakaat.

Dalam Hadis Riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Umar, dia berkata; "Dahulu Nabi Muhammad SAW mendatangi Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendaraan kemudian melaksanakan salat dua rakaat."

Selain itu, mengunjungi dan salat di dalam Masjid Quba juga memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar. Yakni, dengan salat di dalam Masjid Quba bernilai seperti telah melakukan ibadah umrah.

Dalam Hadis Riwayat Imam Ibnu Majah dari Sahl bin Hunaif disebutkan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda; "Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu datang ke Masjid Quba, kemudian dia mendirikan salat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah."

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Imam Tirmidzi dari Usaid bin Alhudhair, Nabi SAW bersabda; "Salat di Masjid Quba seperti melakukan umrah."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
masjid qubamasjid pertamaproyek grr tubanRasulullah SAWdunia islam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru