Tingkatkan Layanan, PT KAI Daop 8 Surabaya Libatkan Tiga Komunitas Railfans 

Apr 28, 2022 18:21
Salah satu anggota komunitas Railfans (bertopi) yang membantu memberikan informasi seputar layanan Kereta Api Indonesia kepada pelanggan, Kamis (28/4/2022). (Foto: Humas PT KAI Daop 8 Surabaya)
Salah satu anggota komunitas Railfans (bertopi) yang membantu memberikan informasi seputar layanan Kereta Api Indonesia kepada pelanggan, Kamis (28/4/2022). (Foto: Humas PT KAI Daop 8 Surabaya)

JATIMTIMES - Meningkatkan layanan kepada para pelanggan berupa pemberian informasi seputar layanan kereta api, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya melibatkan tiga komunitas railfans yang terdiri dari anak-anak sekolah hingga mahasiswa. 

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, pelibatan tiga komunitas railfans tersebut untuk menyukseskan kegiatan masa angkutan lebaran 2022 yang dilaksanakan di masing-masing posko pantau mulai tanggal 22 April hingga 13 Mei 2022. 

"Kita melibatkan 3 komunitas railfans, yakni Sahabat Kereta, Sipuong, dan Malangraya +444 untuk mendukung kesuksesan saat Posko Angkutan Lebaran 2022," ungkap Luqman kepada JatimTIMES.com, Kamis (28/4/2022). 

Tercatat, sekitar 75 anggota dari komunitas railfans membantu pelayanan posko angkutan lebaran 2022 di lima stasiun, yakni Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo dan Stasiun Sidoarjo.

Luqman menjelaskan, kegiatan yang dilakukan oleh pemuda-pemudi komunitas railfans ini di antaranya melakukan pengawasan protokol kesehatan, membantu memberikan informasi seputar jadwal kereta api (KA), aturan perjalanan dengan KA, hingga posisi kereta yang tertera di tiket.

"Kami salut dengan kegigihan mereka yang ikut mendukung KAI dalam menyukseskan angkutan lebaran 2022. Dengan keikhlasan, sukarela, beramal membantu kelancaran mudik pelanggan KA," ujar Luqman. 

Menurutnya, keterlibatan para komunitas railfans dalam kegiatan-kegiatan PT KAI tidak hanya pada momentum angkutan lebaran saja. Namun juga pada posko Natal dan Tahun Baru (Nataru), acara sosialisasi keselamatan di perlintasan serta kegiatan lainnya.

Salah satu anggota komunitas railfans yakni Yan Ari menyampaikan alasan mengikuti kegiatan ini didasari kecintaannya pada kereta api. "Kami ingin kereta api semakin dicintai masyarakat," tutur Ari. 

Selain pelibatan komunitas railfans dalam menyukseskan masa angkutan lebaran 2022, PT KAI Daop 8 Surabaya juga melibatkan unsur TNI, Polri, pemerintah daerah hingga masyarakat. Hal itu bertujuan untuk menjaga keselamatan serta keamanan perkeretaapian. Karena hal itu sangat diperlukan untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, nyaman, dan sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
PT KAI Daop 8 SurabayaPT KAIMudik Lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru