Berbatasan dengan Laut Selatan, Wabup Malang Minta Masyarakat Aktif Perangi Narkoba

Apr 28, 2022 18:13
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat memberi arahan dalam FGD pemberantasan narkoba. (Foto: Istimewa).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat memberi arahan dalam FGD pemberantasan narkoba. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto meminta agar masyarakat bisa aktif dalam memerangi narkoba. Bukan tanpa alasan, menurut politisi PDI Perjuangan ini, mengingat kondisi geografis Kabupaten Malang yang begitu luas, tidak menutup kemungkinan dimanfaatkan oleh oknum untuk menyalahgunakan narkoba. 

Apalagi, sebagian wilayah Kabupaten Malang juga ada yang dilintasi dengan jalur lintas selatan (JLS) yang berbatasan langsung dengan Laut Selatan Pulau Jawa. Dan menurutnya, bukan tidak mungkin kondisi geografis tersebut dimanfaatkan oleh sejumlah oknum tak bertanggung jawab untuk mengedarkan narkoba. 

"Narkoba menjadi musuh bersama. Dengan demikian, Bantur dan Donomulyo yang wilayahnya juga berbatasan dengan laut lepas, bukan tidak mungkin berpeluang dimanfaatkan para bandar narkoba sebagai jalur peredaran narkoba. Jangankan perahu kecil, perahu besar pun bisa bersandar di sekitar kita ini. Bahkan beberapa saat yang lalu, Bantur menjadi sempat viral lantaran terjadinya penyelundupan bawang putih," ujar Didik.

Untuk itu, dirinya mengingatkan bahwa wilayah Bantur, Pagak dan Donomulyo yang dilintasi JLS bisa waspada, sebab dinilai memiliki kemungkinan dan peluang terkait penyebaran narkoba. Didik pun berpesan agar upaya pencegahan bisa dilakukan semua elemen masyarakat, tidak terkecuali pihak Muspika. 

Apalagi dengan luasan wilayah yang terbagi dalam 33 kecamatan, ketersediaan aparat penegak hukum juga ia nilai kurang berimbang. Hal itulah yang menurutnya dibutuhkan adanya sinergi dalam mencegah beredarnya narkoba. 

''Kewajiban menjaga ini tidak saja menjadi kewajiban pemerintah, karena luasan wilayah Kabupaten Malang yang sedemikian besarnya, dengan jumlah aparat yang tidak berimbang maka peran serta masyarakat menjadi penting. Mari bersama perang terhadap narkoba dan ini menjadi bahaya laten," terang Didik. 

Hal itu menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan. Sebab jika tidak, menurutnya akan dapat berdampak pada generasi muda di tengah banyaknya korban yang saat ini sudah banyak berjatuhan.  

"Kalau tidak, apa yang akan terjadi pada generasi selanjutnya karena sudah cukup banyak korban. Bantur dan Donomulyo salah satu yang berimpitan dengan laut lepas selatan yang dimungkinkan penyebaran narkotika bisa lewat jalur laut dari luar kabupaten/kota, provinsi hingga luar negeri," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemkab Malangkebakaran tpaWabup Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru