Bosda Bagi Sekolah Swasta dan Madrasah di Kabupaten Malang masih Samar

May 05, 2022 09:04
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bantuan Operasioanal Daerah (BOSDA) Kabupaten Malang baru terealisasi untuk Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri. Anggaran yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk program tersebut adalah Rp 22,3 miliar. 

Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan bahwa tahun 2022 ini BOSDA sudah mulai disalurkan bagi SD dan SMP Negeri. Sedangkan dirinya belum bisa memastikan apakah program serupa juga akan digulirkan untuk SD dan SMP Swasta.

"Karena yang di kewenangannya Dindik (Dinas Pendidikan) ya itu (SD dan SMP Negeri)," ujar Sanusi. 

Begitu juga untuk lembaga pendidikan Madrasah, yang menurut Sanusi hingga saat ini masih belum ada kejelasan. Bahkan ia mengatakan, sampai sekarang data terkait jumlah madrasah di Kabupaten Malang baru terhimpun sebagian.

"Memang belum, saat kita minta. Itu baru terhimpun (data Madrasah) sebagian," imbuh Sanusi. 

Untuk itu, Sanusi juga belum dapat memastikan apakah Bosda juga bakal dapat direalisasikan untuk sekolah swasta ataupun madrasah.

Pada proses penyusunan anggaran 2022 lalu, usulan tersebut sempat tidak mendapat restu dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang. Karena terbatasnya anggaran Pemkab Malang.

"Ya rencananya nanti di PAK (perubahan anggaran keuangan) baru akan kita ajukan. Kalau disetujui dewan baru bisa direalisasikan," pungkas Sanusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
laut selatan malangbosda kabupaten malangBupati Malang Sanusi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru