Sambut Wisatawan, Pemkot Batu Rapikan Sejumlah Fasilitas Jalur Protokol

Apr 28, 2022 16:28
Petugas saat melakukan perempesan pohon di kawasan Jalan Raya Tulungrejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: BPBD Kota Batu)
Petugas saat melakukan perempesan pohon di kawasan Jalan Raya Tulungrejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: BPBD Kota Batu)

JATIMTIMES - Menjelang arus mudik lebaran, Pemkot Batu terus bersolek. Yakni dengan melalukan pemotongan pohon di sejumlah titik di Kota Batu. Tentunya agar pengendara aman dan nyaman saat melintas.

Seperti halnya perempesan ranting pohon dilakukan di kawasan Jalan Raya Tulungrejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Di sana Dinas PUPR Kota Batu, DLH Kota Batu, BPBD Kota Batu, dan tim gabungan lainnya memotong bagian pohon yang membahayakan.

Kepala Dinas PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan instruksi Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, agar khususnya kawasan jalur protokol lebih rapi. Sehingga pengendara yang melintas nyaman.

“Ini karena memang atas instruksi Wali Kota Batu yang ingin wajah kota pada libur lebaran nanti tertata rapi sehingga pengendara atau wisatawan yang lewat merasa nyaman,” ungkap Alfi.

Tidak hanya pemotongan pohon yang rawan, juga penambalan jalan berlubang, normalisasi gorong-gorong hingga pemantauan lampu PJU juga dilakukan. “Intinya, seluruh fungsi fasilitas publik di Kota Batu bisa dimaksimalkan,” tambah Alfi.

Sementara itu, Kasi Penerangan Jalan Umum (PJU) DPUPR, Dedy Angga Satriawan menambahkan, perempesan pohon itu dilakukan supaya tidak membahayakan terlebih saat hujan ditambah angin kencang. “Supaya cahaya lampu PJU ini bisa maksimal menerangi jalan,” ujar Angga.

Angga menambahkan penataan ini tidak hanya dilakukan di setiap jelang Idul Fitri, namun juga hari-hari besar lainnya. Pada prinsipnya, penataan wajah kota sudah menjadi keharusan.

Sedang, perawatan fasilitas publik ini akan dilakukan secara bertahap. Nanti juga akan dilakukan pengaspalan jalan berlubang hingga perbaikan lampu PJU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bosda pendidikanDPUPR Kota Batupenambalan jalanJelang Lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru