Manfaatkan Maggot Black Soldier Fly Warga Kedungkandang Reduksi Sampah Organik

Apr 28, 2022 15:53
Yusuf Karyawan, Ketua Kader Lingkungan Kelurahan Cemorokandang yang mengelola Maggot Black Soldier Fly (Ist)
Yusuf Karyawan, Ketua Kader Lingkungan Kelurahan Cemorokandang yang mengelola Maggot Black Soldier Fly (Ist)

JATIMTIMES - Warga Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang mempunyai cara tepat dalam mengatasi permasalahan sampah organik. Cara ini adalah dengan memanfaatkan Maggot Blacak Soldier Fly.

Yusuf Karyawan adalah Ketua Kader Lingkungan Kelurahan Cemorokandang yang mengelola Maggot Black Soldier Fly menyampaikan, upaya penanggulangan sampah organik dengan cara budidaya Maggot dilandasi kekhawatirannya terhadap penumpukan sampah. Meskipun berasal dari bahan-bahan makanan, namun persoalan sampah organik ini tidak dapat dianggap sepele.

“Sampah organik harus diselesaikan dari hulunya. Bisa dari level RT sehingga tidak menumpuk dan dapat menganggu lingkungan," ungkapnya.

Pengunaan Maggot Black Soldier ini untuk mereduksi sampah organik. Cara ini sangatlah efektif dalam mengatasi problematika sampah di lingkungan. 

"Ini menyelesaikan permasalahan persampahan khususnya sampah organik di hulunya, yaitu salah satunya lingkungan rumah tangga,” ujar Yusuf.

Usaha ini telah ia kembangkan bermula dari unit bank yang sampah yang dikelola bersama istrinya sejak 2013. Dalam budidaya Maggot ini, tidaklah sulit. Hanya diperlukan upaya untuk mengumpulkan sampah-sampah organik yang dihimpun dari lingkungan rumah tangga. 

"Sampah organik tersebut kemudian digiling menggunakan crusher agar bisa dengan mudah dimakan oleh bayi-bayi maggot," jelasnya.

5 sampai 10 kg sampah organik, dapat tereduksi dengan cepat oleh 1 kg Maggot. Namun jika sampah organik tidak melalui penggilingan, maka besaran reduksi yang dilakukan Maggot tidaklah optimal. 

“jika sampah tidak digiling, maggot hanya dapat menghabiskan 1-2 kg saja dalam wkatu 1x 24 jam," tuturnya.

Selain mampu mereduksi sampah, budidaya Maggot juga mempunyai keuntungan ekonomi dengan nilai jual yang lumayan bagus. Selain itu, membudidayakan maggot tidak merepotkan dan tidak mengundang maupun mengandung faktor yang menimbulkan penyakit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemalsuan kartu vaksinasisk p3k gurusampah organik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru