Setelah Dipenjara Pandemi, Ini 5 Tradisi Lebaran yang Paling Dinanti

May 02, 2022 00:04
Ilustrasi sholat Ied.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi sholat Ied.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sebagai negara dengan mayoritas umat muslim, moment Hari Raya Idul Fitri sudah pasti menjadi salah satu moment yang dinanti. Apalagi setelah selama 2 tahun sejak 2020, aktivitas perayaan Lebaran sedikit terbatasi akibat pandemi Covid-19. 

Untuk itulah perayaan Hari Raya Idul Fitri kali ini, menjadi salah satu moment yang paling ditunggu oleh masyarakat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. JatimTIMES telah merangkum sejumlah tradisi yang paling dinanti umat muslim dalam merayakan Lebaran.

1. Tradisi Mudik

Ilustrasi mudik.(Foto: Istimewa).


Tradisi mudik menjadi salah satu aktifitas yang paling ditunggu saat moment Lebaran, khususnya pada tahun ini. Sebab, sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia pada tahun 2021, pemerintah terpaksa menerapkan sejumlah aturan bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik. Salah satunya adalah rapid test atau swab test. 

Memilih tidak ribet, banyak masyarakat yang berada di tanah perantauan terpaksa memilih untuk tidak mudik pada saat itu. Untuk itu, pada Lebaran tahun ini, Pemerintah memprediksi akan ada lonjakan arus mudik yang cukup besar. 

2. Halal Bihalal dan Bermaaf-maafan

Ilustrasi Halal Bihalal.(Foto: Istimewa).


Usai melaksanakan Salat Ied, aktivitas yang selanjutnya adalah Halal Bihalal. Yakni untuk saling bermaaf-maafan dan menjaga silaturahmi. Baik kepada saudara, ataupun tetangga terdekat di sekitar rumah. 

Aktivitas Halal Bihalal yang biasanya dilakukan langsung dengan datang ke rumah sanak saudara, pada dua tahun lalu terpaksa tidak bisa dilakukan. Hal itu akibat pandemi Covid-19 yang membuat pemerintah menerapkan sejumlah pembatasan. Namun, dengan perkembangan teknologi, Halal Bihalal bisa dilakukan dengan melakukan panggilan video.

3. Santapan Khas Lebaran

Ilustrasi kue lebaran.(Foto: Istimewa).


Di beberapa daerah, makan bersama keluarga setelah melaksanakan Sholat Ied menjadi tradisi yang dinanti. Tentunya dengan olahan makanan khas Lebaran, seperti ketupat dan opor ayam. 

Namun juga ada tradisi di beberapa daerah yang baru menyantap ketupat saat H+7 Lebaran. Biasanya, disebut dengan Hari Raya Ketupat. Namun selain opor ayam dan ketupat, mencicipi kue lebaran biasanya juga menjadi salah satu tradisi. Biasanya, saat lebaran, masyarakat menyajikan aneka kue kering sebagai suguhan bagi tamu atau saudara yang datang. 

4. Berbagi uang saku Lebaran

Ilustrasi pemberian uang saku lebaran.(Foto: Istimewa).


Berburu uang saku lebaran jadi salah satu aktifitas yang ditunggu anak-anak saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, hal tersebut dilakukan anak-anak hingga yang berusia SMP. 

Setelah Salat Ied dan sungkem kepada orang tua dan beberapa sanak saudara, anak-anak biasanya berkumpul dengan teman sebayanya dan mulai berhalal bihalal ke beberapa rumah tetangganya. Setelah bersilaturahmi, barulah mereka akan mendapatkan uang saku lebaran dari sang pemilik rumah yang dikunjungi.

Bagi orang tua, moment ini pun juga menjadi salah satu yang ditunggu. Sebab, kemeriahan Hari Raya Idul Fitri dirasa semakin lengkap dengan kedatangan anak-anak tersebut. 

5. Beli Baju Lebaran

Ilustrasi anak-anak berburu baju lebaran.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).


Saat menjelang lebaran tiba, biasanya masyarakat membeli baju lebaran. Di hari yang suci dan fitri, rasanya ingin semuanya serba baru, hati yang lebih bersih, suci, dan diwakilkan dengan pakaian yang juga baru. Maka dari itu, momen lebaran pasti menjadi momen tersibuk di pusat perbelanjaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
hari lebaranHari Raya Idul Fitri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru