5 Cara Atasi Stres saat Macet Mudik, Pura-Pura Tersenyum hingga Dengarkan Musik

Apr 28, 2022 10:21
Ilustrasi (Foto: Boston Herald)
Ilustrasi (Foto: Boston Herald)

JATIMTIMES - Kemacet kini mulai terjadi di sejumlah jalur mudik. Tak ayal, kemacetan bisa membuat banyak orang stres.

Terkadang bisa membuat kita emosional di kala macet terjadi. Terlebih jika macet terjadi sampai berjam-jam. 

Berlama-lama terjebak dalam kemacetan tentu bukan kondisi ideal yang diharapkan. Lantas seperti apa cara untuk mengatasi stres saat mudik di tengah kemacetan?

Seperti diketahui, kemacetan lalu lintas kerap menjadi sumber stres dan kecemasan. Menghabiskan waktu berjam-jam dalam kemacetan bisa mengurangi tingkat kebahagiaan seseorang.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejenuhan saat macet mengutip dari Psychology Today:

1. Tarik dan embuskan napas mendalam

Menarik dan mengembuskan napas secara mendalam bisa jadi cara mengatasi stres saat mudik di tengah kemacetan yang paling sederhana. Kalian bahkan bisa melakukannya di belakang kemudi.

Tarik napas dalam-dalam setidaknya dalam 3 hitungan, lalu embuskan dalam 4 hitungan. Cara ini terbukti ampuh untuk menimbulkan efek relaksasi.

2. Pura-pura tersenyum

Carilah sesuatu yang bisa membuat kalian tersenyum. Misalnya bersenda gurau dengan penumpang lainnya.

Atau, jika pun tidak bisa, kalian bisa berpura-pura tersenyum. Penelitian menunjukkan bahwa membuat gerakan tersenyum bisa mengurangi intensitas respons stres pada tubuh.

3. Menyalakan musik atau lagu

Studi menunjukkan bahwa musik punya daya tarik untuk menenangkan seseorang yang terjebak macet. Namun, hal ini tidak berlaku bagi musik keras yang terlalu agresif.

"Kami menemukan bahwa tekanan darah meningkat selama kemacetan, terutama saat seseorang mendengarkan musik agresif atau tidak ada musik sama sekali," ujar pemimpin studi Stephen Fairclough.

Kalian disarankan untuk mendengarkan musik yang easy listening dan tergantung pada apa yang disukai.

4. Makan camilan

Camilan ternyata juga menjadi salah satu solusi untuk menekan stres saat dalam kemacetan. Makan bisa membantu meredakan rasa stres.

5. Menelepon teman dan keluarga

Terjebak dalam kemacetan merupakan waktu yang tepat untuk menghubungi kerabat dan sanak saudara. Kalian bisa sekadar menelepon keluarga di kampung halaman untuk memberikan kabar terbaru.

Kehadiran orang lain, seperti melalui sambungan telepon, ternyata juga membantu kalian untuk mengalihkan pikiran dari rasa kesal akibat macet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Terjebak macetMengatasi stres karena macetPanasi mesin politik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru