Jelang Lebaran 2022, TPID Cek Ketersediaan Kebutuhan Pokok, Wali Kota: Masyarakat Tidak Perlu Panic Buying

Apr 27, 2022 17:48
Wali Kota Malang Sutiaji bersama Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Samsun Hadi dan Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav. Heru Wibowo Sofa di salah satu distributor bahan pokok di Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang, Rabu (27/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji bersama Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Samsun Hadi dan Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav. Heru Wibowo Sofa di salah satu distributor bahan pokok di Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang, Rabu (27/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dan momentum mudik Lebaran 2022, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang melakukan pengecekan sejumlah kebutuhan bahan pokok di sejumlah titik. 

Titik pertama di Pasar Bunulrejo dan titik kedua di distributor bahan pokok yakni CV Podo Seneng yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta (Suhat) Nomor 23, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. 

Hal itu dilakukan TPID Kota Malang setelah menggelar Rapat High Level Meeting (HLM) di Ruang Sidang Balaikota Malang, Rabu (27/4/2022) dengan berbagai unsur TPID. 

Mulai dari Wali Kota Malang Sutiaji, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang Samsun Hadi, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Erny Fatma Setyoharini, serta beberapa pihak lainnya. 

Wali Kota Malang Sutiaji menyebut, terdapat beberapa kenaikan harga bahan pokok di pasar tradisional dengan mengambil sample Pasar Bunulrejo. Mulai minyak goreng, tepung, daging ayam, ikan asin, ikan laut, cabai, bawang merah, gula, hingga telur. 

"Sementara ini yang tertinggi kenaikannya dan membawa daya ungkit inflasi itu migor, tapi Alhamdulillah ketersediaan di lapangan sudah ada, curah yang dulu susah sekarang ada. Di distributor Rp 14 ribu, di pasar Rp 15 ribu, wajar. Terus kemasan juga demikian," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Rabu (27/4/2022). 

Wali Kota Malang Sutiaji.

Kemudian khusus untuk beberapa bahan pokok seperti tepung, cabai dan bawang merah, mengalami kenaikan harga yang signifikan mencapai 20 persen. Lalu untuk daging ayam potong juga mengalami kenaikan hingga Rp 5 ribu per kilogram dan telur alami kenaikan seribu rupiah hingga Rp 2 ribu untuk per kilogramnya. 

"Gula juga ada kenaikan tapi tidak signifikan. Bawang putih nggak naik, beras tidak naik, baik premium maupun medium standar, daging ayam naik banyak 5 ribu. Telur kenaikan cuma seribu," terang Sutiaji. 

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini menuturkan, bahwa kenaikan harga bahan pokok tersebut disebabkan oleh permintaan yang tinggi menjelang Lebaran 2022. Selain itu, kondisi seperti sekarang ini juga dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). 

"Biasanya kalau tidak ada kenaikan BBM, harga sembako itu naik, tapi tidak signifikan. Makanya ini dengan BI utamanya bagaimana pengendalian kita," ujar Sutiaji. 

Pihaknya juga memastikan untuk ketersediaan bahan pokok di Kota Malang masih mencukupi dan aman. Terlebih lagi kata Sutiaji bahwa Bulog telah menegaskan selama enam bulan kedepan ketersediaan pangan masih aman. "Karena ada 6 ribu ton yang tersedia di Bulog," imbuh Sutiaji. 

Sementara itu, dalam kondisi perekonomian menjelang Lebaran 2022 yang menyebabkan banyak bahan pokok mengalami kenaikan harga, Sutiaji mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan berbondong-bondong membeli kebutuhan bahan pokok secara berlebihan. 

Terlebih lagi, Bulog bersama BI melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki kata Sutiaji akan digunakan untuk mendorong ketersediaan bahan pokok saat operasi pasar dan momentum Lebaran 2022. 

"Yang itu juga akan berpengaruh pada inflasi, tidak ada panic buying. Maka media sangat penting untuk menyampaikan kepada masyarakat, tidak usah ada kepanikan, karena semua kebutuhan tersedia," pungkas Sutiaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Wali Kota Malangharga bahan pokokJelang Lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru