Refleksi Hari Bumi, Unikama Ajak Kaum Milenial Peduli Lingkungan

Apr 27, 2022 16:58
Unikama melalui HMPS Pendidikan Geografi menggelar webinar bertajuk "Bakti dan Cinta Milenial Akan Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekitar Menuju Ekoliterasi" (Ist)
Unikama melalui HMPS Pendidikan Geografi menggelar webinar bertajuk "Bakti dan Cinta Milenial Akan Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekitar Menuju Ekoliterasi" (Ist)

JATIMTIMES  - Hari Bumi 2022, diperingati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Geografi dengan menggelar webinar bertajuk "Bakti dan Cinta Milenial Akan Pentingnya Menjaga Lingkungan Sekitar Menuju Ekoliterasi", Selasa (26/4/2022).

Kaprodi Pendidikan Geografi Dr Suwito MPd menjelaskan, melalui webinar ini, mendorong para kaum milenial untuk lebih menyadari dan lebih peduli dalam menjaga lingkungan. Sebagai kalangan milenial, juga harus memahami prinsip ekoliterasi.

Ekoliterasi ini merupakan kemampuan dalam memahami prinsip ekologi. Sebagai generasi penerus, tentunya tidak hanya belajar dalam bangku kuliah. Para mahasiswa juga perlu belajar pada lapangan. Dengan begitu, dalam benak para mahasiswa bisa benar-benar memahami dan menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan. 

Implementasi pembelajaran ekoliterasi tidak hanya dilakukan oleh para mahasiswa, namun juga semua masyarakat bahkan sejak dini. Hal ini agar ketika mereka sudah tumbuh dewasa, bisa benar-benar menyadari akan pentingnya lingkungan yang terjaga.

"Maka dari itu, kegiatan ini sangatlah penting," bebernya.
 
Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unikama Dr Triwahyudianto SPd MSi menambahkan, keterlibatan semua pihak, terutama kaum milenial dalam melestarikan lingkungan sangatlah penting. Hal ini tak lain untuk berlangsungnya kehidupan di masa mendatang. 

Maka dari itu, harus disadari jika bumi bukanlah sebuah warisan nenek moyang, akan tetapi titipan untuk para generasi mendatang. Menjaga dan melestarikan lingkungan, menjadi hal yang harus dan wajib dilakukan. 

"Perkembangan lingkungan tergantung pada jumlah populasi terbesar. Ini pilihan strategis untuk menjawab tantangan berkaitan dilematika pemanfaatan lingkungan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Hari Bumiunikama malangprodi geografi unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru