BSU Gaji 2022 Tak Kunjung Cair, BPJS Ketenagakerjaan dan Kemenaker Beri Penjelasan Begini

Apr 27, 2022 10:29
BSU Gaji (Foto: Screenshot)
BSU Gaji (Foto: Screenshot)

JATIMTIMES - Bantuan subsidi upah (BSU) 2022 atau subsidi gaji untuk pekerja hingga kini tak kunjung cair. 

Sebelumnya, pemerintah sempat menjanjikan bahwa BSU sebesar Rp 1 juta akan cair pada April 2022, sebelum Lebaran.  Namun jelang berakhirnya  April 2022, belum ada tanda-tanda pencairan BSU. 

Hal ini lantas menjadi pertanyaan dari sejumlah masyarakat. Terlebih para pekerja yang berharap agar BSU segera cair.

Pertanyaan kapan BSU cair banyak ditemukan di akun Instagram resmi BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

@julianaaa_987: Min BSU kapan?

@camey_idhul: Selamat malam . .boleh sy bertanya..kira² kapan BSu cair?

@alfisyahrinnst23: BSU dong maszehhh.

Dikutip dari akun Instagram Kemenaker yang membalas komentar seorang warganet, saat ini Kemenaker sedang mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022.

Kementerian yang dipimpin Ida Fauziyah itu juga memastikan penyaluran BSU bisa dijalankan dengan cepat dan tepat. "Minaker infoin nih Rekan @alfisyahrinnst23, Saat ini @kemnaker sedang mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel ya," tulis akun @kemnaker yang dikutip rabu (27/4/2022). 

Sayangnya, akun @kemnaker tak memberikan penjelasan lebih pasti terkait jadwal pencairan BSU 2022. Hal serupa juga disampaikan admin akun Instagram BPJS Ketenagakerjaan. 

Dalam akun tersebut, BPJS Ketenagakerjaan menulis bahwa pihaknya tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait BSU. Pasalnya, BSU masih dalam tahap penyusunan regulasi oleh pemerintah.

Dalam hal penyaluran BSU 2022, BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi penyedia data akan mempersiapkan data sesuai dengan kriteria yang diatur dalam regulasi.

"Selamat siang Sahabat. Perihal informasi rencana pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2022, BPJAMSOSTEK sebagai mitra penyedia data mendukung kebijakan BSU 2022 akan mempersiapkan data sesuai dengan kriteria yang diatur dalam regulasi."

"Namun sampai saat ini kami belum dapat memberikan informasi lebih lanjut terkait Bantuan Subsidi Upah (BSU) dikarenakan hal tersebut masih dalam tahap penyusunan regulasi oleh Pemerintah."

"Jika membutuhkan informasi lebih lanjut silakan hubungi Contact Center 175 atau email ke [email protected]," tulis @bpjs.ketenagakerjaan.

Diberitakan sebelumnya, jadwal pencairan BSU 2022 disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi. Anwar mengungkapkan, BSU masih dalam pembicaraan dengan pihak terkait. 

Namun ia memastikan BSU akan mulai disalurkan pada April 2022. "Iyalah (pemberian BSU) bulan ini (April 2022," kata Anwar,  Selasa (5/4/2022) lalu. 

"Ini kan arahannya baru kemarin. Jadi, kita akan segera melakukan koordinasi terkait dengan keputusan tersebut untuk bisa kita lakukan dengan cepat, sesuai dengan koridor, dan regulasi yang ada," ungkap dia.  "Terutama terkait dengan keuangan negara," lanjut Anwar.

Adapun anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk program BSU 2022 mencapai Rp 8,8 triliun. Dana itu nantinya akan disalurkan kepada 8,8 juta pekerja dengan syarat jumlah penghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

"Ada program baru yang diarahkan Bapak Presiden, yaitu bantuan subsidi upah untuk gaji di bawah Rp 3,5 juta. Besarnya Rp 1 juta per penerima," kata Menteri Koordinator idang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bantuan Subsidi UpahJejak internetKemenakerKementerian Tenaga Kerja

Berita Lainnya

Berita

Terbaru