Hukum, Waktu, Tata Cara, dan Niat Mandi Idul Fitri untuk Wanita 

Apr 27, 2022 09:35
Ilustrasi (Foto: FOCUS Praxistipps)
Ilustrasi (Foto: FOCUS Praxistipps)

JATIMTIMES - Tinggal beberapa hari saja, puasa Ramadan 1443 Hijriah akan segera berakhir. Hal itu menjadi pertanda bahwa Idul Fitri kini sudah di depan mata.

Jika tak ada alang melintang, Idul Fitri 2022 akan dilaksanakan pada 2 Mei 2022. Untuk mempersiapkan menghadapi salat Idul Fitri, tak ada salahnya kita mengetahui bacaan niat mandi sunah Idul Fitri.

Kumandang takbir Hari Raya Idul Fitri adalah tanda berakhirnya ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. Rasulullah SAW mensunahkan kepada umat Islam untuk bersuka cita dalam menyambut hari kemenangan tersebut.

Tak cuma untuk mengikuti salat Ildul Fitri di masjid atau lapangan. Ada pula beberapa rangkaian ibadah sunah yang bisa dijalani. 

Salah satu yang sudah banyak diketahui yaitu mandi sunah Idul Fitri. Mandi sunah ini sama halnya dengan yang dilakukan saat hendak menjalankan salat Jumat.  Mandi sunah Idul Fitri dianjurkan untuk laki-laki maupun perempuan.

Cara melakukan mandi sunah juga ada bacaan niatnya. Niat mandi Idul Fitri untuk wanita sebenarnya sama dengan niat mandi sunah untuk laki-laki. 

Simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Hukum dan Waktu Pelaksanaan Mandi Idul Fitri

Sebelum mengetahui bacaan niat mandi Idul Fitri untuk wanita, kalian juga perlu memahami terlebih dahulu hukum dan waktu pelaksanaannya. Hukum mandi Idul Fitri bukanlah wajib, melainkan tergolong sebagai amalan sunah sebelum melaksanakan salat Id.

Rasulullah juga melaksanakan mandi sunah pada Idul Fitri dan Idul Adha. "Bahwasannya Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah)

Waktu pelaksanaan mandi dilakukan sebelum atau setelah salat Subuh di pagi hari menjelang salat Idul Fitri. Atau kalian juga bisa melaksanakannya saat tengah malam sebagaimana penjelasan Syekh al-Baijuri dalam kitabnya Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al- Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi ‘ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja’, sebagai barikut:

"Waktu masuknya mandi sunah (Idul Fitri/Idul Adha) adalah pada tengah malam."

Bacaan Niat Mandi Idul Fitri untuk Wanita

Pelaksanaan mandi sunah hari raya sebelum melaksanakan salat Id ini diperkuat dengan atsar dari sahabat Ali bin Abi Thalib dan Abdullah bin Umar yang membiasakan mandi sebelum salat ied.

Inilah mengapa mandi hari raya memiliki keutamaan yang perlu diketahui. Keutamaan mandi hari raya yaitu akan memberikan kenyamanan serta ketenteraman saat melaksanakan ibadah salat. 

Keutamaan dan dalil tentang mandi sunah pada hari raya Idul Fitri telah jelas adanya, sehingga sebagai umat Muslim disunahkan untuk melaksanakannya. 

Salah satu tata cara yang paling utama adalah membaca niat mandi Idul Fitri. Oleh sebab itu, perlu mengetahui bacaan niat mandi Idul Fitri untuk wanita sebagai berikut:

"Nawaitul ghusla li'îdil fithri sunnatan lillahi ta’aalaa."

Artinya:
" Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah ta'aalaa."

Tata Cara Mandi Hari Raya Idul Fitri

Setelah mengetahui bacaan niat mandi Idul Fitri untuk wanita, selanjutnya ketahui pula tata cara yang benar sesuai sunah.

Tata cara mandi pada hari raya Idul Fitri untuk wanita tidak jauh berbeda dengan tata cara mandi setelah haid. Berikut langkah-langkah mandi hari raya Idul Fitri:

1. Membaca niat mandi Idul Fitri untuk wanita.
2. Mencuci tangan sebanyak tiga kali.
3. Membersihkan kemaluan dengan tangan kiri, bersihkan kemaluan dari depan ke belakang agar kotoran dari anus tidak masuk ke vagina.
4. Mencuci tangan lagi dengan menggosokkan tangan ke lantai atau dengan menggunakan sabun.
5. Berwudu seperti ketika mau sholat.
6. Mengguyurkan air ke kepala sebanyak tiga kali.
7. Membersihkan rambut hingga ke sela-selanya.
8. Menggosok seluruh anggota tubuh.
9. Membilas tubuh seluruh tubuh menggunakan air mengalir dimulai dengan sisi kanan terlebih dahulu kemudian ke bagian tubuh sisi kiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Mandi sunahKadrunIdul Fitri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru