5 Negara Ini Cinta Mati dengan Kerupuk Indonesia, Ada Yang Rela Barter dengan Pesawat Tempur

May 04, 2022 13:23
Kerupuk (Foto: istockphoto.com)
Kerupuk (Foto: istockphoto.com)

JATIMTIMES - Kerupuk menjadi salah satu tambahan lauk yang banyak disukai orang. Bahkan, kerupuk Indonesia ini berhasil memikat lidah warga dunia. 

Hal itu terbukti dari banyak orang di negara lain yang langsung ketagihan saat mencoba makan dengan kerupuk. Bahkan ada yang  rela melakukan transaksi berupa barter dengan menukar pesawat tempur untuk makanan ringan yang terbuat dari tepung dan bawang itu loh. 

Berikut 5 negara yang cinta mati dengan kerupuk Indonesia:

1. Korea Selatan

Korea Selatan (Korsel) angsung jatuh cinta saat mencoba kerupuk Indonesia karena rasanya yang cocok dengan lidah mereka. Orang Korea menyamakan kerupuk dengan 'snack beras' yang di negara tersebut adalah makanan ringan favorit mereka. 

Tak heran jika Korsel sering langsung mengimpor sebanyak 20 kontainer kerupuk dari Indonesia setelah ajang pameran makanan. 

2. Rusia

Kelezatan kerupuk rupanya juga cocok di lidah orang Eropa. Bahkan Rusia sampai jatuh cinta hingga menggemari makanan yang satu ini.

Beberapa waktu lalu, sempat heboh bahwa Negeri Beruang Merah itu siap melakukan barter Sukhoi, pesawat tempur super-canggih mereka yang senilai $570 juta atau sekitar Rp 8,1 triliun, dengan kerupuk.

3. China

Saat pameran makanan khas negara-negara ASEAN di Thailand beberapa tahun lalu, di sinilah kerupuk Indonesia menjadi perhatian.

 Saat itu sebenarnya sudah menjadi rahasia umum, makanan khas negara kita ini memang diakui dunia mengenai kelezatannya. Namun ada yang berbeda kali ini. Pasalnya, makanan yang laris dipesan saat itu adalah kerupuk. Orang-orang China tampaknya ketagihan hingga memesan sampai 9 kontainer kerupuk.

4. Singapura

Negara tetangga Indonesia, yakni Singapura, juga diam-diam menyukai kerupuk, khususnya kerupuk  ikan yang terbuat dari olahan ikan seperti udang, tengiri, atau cumi.

Beberapa UMKM Indonesia yang menjajakan kerupuk di Singapura berjaya  karena warga Negeri Singa itu sangat menyukai kerupuk. Padahal, di Singapura, harga satu bungkus kerupuk ternyata cukup mahal, yakni mencapai Rp 30 ribu.

5. Belanda

Sebagai negara yang menjajah tanah air kita selama 350 tahun, tidak heran jika banyak orang Belanda familiar dengan beberapa makanan khas Indonesia, termasuk kerupuk.

Bukan hanya familiar. Penduduk Negeri Kincir Angin itu tampaknya cinta mati dengan kerupuk. Buktinya, Belanda yang rutin mengimpor kerupuk setiap tahunnya dengan nilai transaksi mencapai €3,5 juta atau sekitar Rp 54 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kerupuk IndonesiaNegara pecinta kerupukthr di kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru