Gedung Eks Dispendukcapil Akhirnya Resmi Dihibahkan ke Kejari Kota Batu

Apr 26, 2022 15:23
Rapat paripurna persetujuan hibah tanah dan bangunan milik Pemkot Batu, Selasa (26/4/2022).
Rapat paripurna persetujuan hibah tanah dan bangunan milik Pemkot Batu, Selasa (26/4/2022).

JATIMTIMES - Akhirnya setelah menanti beberapa tahun, Kejaksaan Negeri Kota Batu bisa menggunakan bangunan bekas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Pasalnya, bangunan tersebut dihibahkan untuk memaksimalkan pelayanan dan kinerja para jaksa.

Keputusan ini ditetapkan dalam rapat paripurna yang digelar secara hibrid yang dilakukan oleh Pemkot Batu bersama DPRD Kota Batu di Ruang Rapat Utama Balai Kota Among Tani, Selasa (26/4/2022). Dengan adanya keputusan tersebut, kini gedung tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Ketua DPRD Kota Batu Asmadi mengatakan, hibah yang dilakukan telah memenuhi syarat juga prosedur sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku. Dengan luas tanah yang dihibahkan sebesar 554 meter persegi dengan luas bangunan 648,15 meter, berbentuk gedung bertingkat.

“Telah dilakukan peninjauan lokasi serta pengecekan kondisi tanah dan bangunan yang dihibahkan. Berdasarkan hasil peninjauan, didapatkan bahwa kondisi tanah, gedung, bangunan layak dan sesuai dengan hasil penelitian,” ujar Asmadi.

Dengan dihibahkannya gedung tersebut, agar Kejari Kota Batu bisa menjalankan fungsi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, gedung milik daerah harus dikelola dengan baik agar memberi manfaat dan memiliki nilai tambah. Dengan pemindahtanganan ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan nilai bangunan.

“Dengan dihibahkannya tanah dan bangunan ini semoga bisa meningkatkan kinerja Kejari Batu dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam penegakan hukum di Kota Batu,” harap Dewanti.

Sebelumnya permohonan hibah gedung itu sudah diajukan sejak 2020 lalu. Permohonan itu disampaikan langsung oleh mantan Kajari Batu Supriyanto yang kini berpindah tugas ke Kejati Yogyakarta.

Permintaan dilakukan karena gedung kantor Kejari Kota Batu yang bersebelah dengan gedung Pemkot Batu dinilai kurang representatif. Bangunan dua lantai itu dirasa sempit dan kurang relevan dalam menjalankan kinerja dan program pelayanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
jukir banyuwangiKejari Kota BatuWalikota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru