PPDB Jenjang SMP Segera Buka, Ini Jadwal dan Mekanismenya

Apr 26, 2022 14:07
Informasi pengumuman PPDB jenjang SMP di Kota Malang (Ist)
Informasi pengumuman PPDB jenjang SMP di Kota Malang (Ist)

JATIMTIMES - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di Kota Malang tak lama lagi dibuka. Tersedia empat jalur pendaftaran dengan kriteria dan syarat yang telah ditentukan. Empat jalur tersebut, yakni Jalur Prestasi, Jalur Perpindahan Orang Tua dan Afirmasi; Jalur Prestasi Nilai Rapor dan Jalur Zonasi.

Untuk melalui jalur prestasi, dimulai dari pengambilan hasil verifikasi sertifikat lomba pada tanggal 17-19 Mei 2022 di Aula Utama Lantai 2 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. Dan pengembalian sertifikat pada tanggal 23 Mei 2022. Dilanjutkan pendaftaran pada tanggal 30, 31 Mei dan 1 Juni 2022 . Sedangkan untuk pengumuman tanggal 3 Juni 2022  dan daftar Ulang tanggal 3 dan 4 Juni 2022.

"Jalur Perpindahan Orang Tua dan Afirmasi, pendaftaran tanggal 30, 31 Mei dan 1 Juni 2022. Untuk pengumuman tanggal 3 Juni 2022. Kemudian daftar Ulang tanggal  3 dan 4 Juni 2022," jelas Kadisdikbud Kota Malang, Suwarjana.

Dalam PPDB jenjang SMP juga membuka dari jalur prestasi nilai raport. Pada tahapan ini pendaftaran dimulai tanggal 6, 7 dan 8 Juni 2022. Kemudian, pengumuman tanggal 10 Juni 2022 dan daftar Ulang tanggal 10 dan 11 Juni 2022.

"Terakhir ada Jalur Zonasi. Jalur zonasi, pendaftaran tanggal 13, 14 dan 15 Juni 2022. Setelah itu, pengumuman dilakukan pada tanggal 17 Juni 2022. Daftar Ulang tanggal 17 dan 18 Juni 2022," jelasnya.

Sementara itu, untuk tata cara pendaftaran, tentunya mempunyai mekanisme masing-masing. Pada Jalur Zonasi dilakukan secara daring melalui laman : ppdbkotamalang.id. Selanjutnya mengisi formulir daring yang telah disediakan dan mengupload Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Tata Cara Pendaftaran SMP Jalur Afirmasi, dilakukan secara daring melalui laman ppdbkotamalang.id  dan mengisi formulir daring yang telah disediakan.  Kemudian  mengupload Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran serta mengupload kartu PIP / Rekening PIP/ PKH /KKS /BPNTD / Surat Keterangan Tidak Mampu dari Dinas Sosial Kota Malang.

Untuk tata cara pendaftaran SMP Jalur Kepindahan Orangtua dilakukan secara daring laman ppdbkotamalang.id. Selanjutnya pendaftar diminta untuk mengisi formulir daring yang telah disediakan.  Setelah itu mereka diminta mengupload Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Termasuk juga mengupload surat kepindahan / mutasi orangtua.

Untuk tata cara pendaftaran jalur prestasi, Prestasi Nilai Rapor, dilakukan secara daring melalui laman ppdbkotamalang.id . Setelah itu, pendaftar mengisi formulir daring yang telah disediakan.Langkah selanjutnya, Mengupload Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Untuk CPDB lulusan SD/MI Kota Malang database Nilai Rapor sudah ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Sehingga tidak perlu mengentry/memasukkan nilai rapor kembali. Sementara, Lulusan SD/MI dari Luar Kota Malang atau Lulusan sebelum Tahun Ajaran 2021/2022 mengentry/memasukkan rata-rata nilai rapor kelas 4.

"(Nilai rapor) Semester 1, Semester 2, Kelas 5, Semester 1 dan Semester 2 dan Kelas 6 Semester 1," tuturnya.

Hal ini dilakukan secara daring melalui laman ppdbkotamalang.id. kemudian dilanjutkan mengisi formulir daring yang telah disediakan, setelah itu melakukan upload Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran langsung melakukan upload hasil verifikasi Sertifikat Lomba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
jadwal ppdb smppendaftaran ppdb smpkeris nyi sombro nogo manten

Berita Lainnya

Berita

Terbaru