5 Tips Pilih Baju untuk Lebaran, Gunakan yang Nyaman dengan Warna Netral

Apr 26, 2022 12:53
Memilih baju lebaran (Foto: ZamZam)
Memilih baju lebaran (Foto: ZamZam)

JATIMTIMES - Tinggal menghitung hari, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2022. Biasanya, mendekati lebaran, masyarakat mulai berburu baju baru. 

Membeli baju baru, menjadi salah satu kebiasaan masyarakat saat jelang Lebaran. Namun, perlu diketahui saat Lebaran kita tidak wajib menggunakan pakai baru. 

Dengan mengenakan pakaian yang bersih saja, sebenarnya sudah cukup. Kendati demikian, tradisi membeli baju baru memang tak bisa lepas dari beberapa orang. 

Perlu diketahui, ada beberapa tips memilih baju Lebaran yang bisa diikuti. Tips-tips berikut akan membuat kalian tetap merasa nyaman saat Lebaran.

Sejumlah tren fesyen juga mendadak muncul jelang Lebaran. Berikut 5 tips membeli baju Lebaran, merangkum dari berbagai sumber"

1. Pilih warna netral

Pada dasarnya, kalian bisa menggunakan busana warna apa pun saat Lebaran. Namun, akan lebih baik jika  menggunakan busana dengan warna yang netral dan kalem. 

Warna bold hanya justru bisa membuat Anda terlihat mencolok. Selain agar terlihat lebih kalem di momen lebaran, warna netral juga biasanya akan cocok dipadupadankan dengan warna apa pun.

Kalian bisa memilih warna-warna earth tone yang netral atau koleksi warna pastel yang kalem. Atau sekalian saja warna putih agar sesuai dengan momen suci di hari Lebaran.

2. Busana sopan

Lebaran merupakan hari yang suci bagi umat Muslim. Oleh sebab itu, kenakan-lah busana yang sesuai dengan situasi. 

Tak harus selalu baju gamis atau baju koko, kalian bisa memilih busana yang sesuai dengan karakter. Namun, hindari busana yang terlalu terbuka atau celana jin robek yang terkesan urakan.

Sebisa mungkin, hargai momen suci dan hangat Idul Fitri dengan berpenampilan sopan.

3. Pilih yang praktis dan nyaman

Padatnya aktivitas di momen Lebaran membuat kalian harus memilih busana yang praktis. Tak perlu gunakan busana yang memiliki terlalu banyak layer. 

Busana seperti itu malah bisa membuat kalian terlihat berlebihan dan kerepotan saat melakukan banyak aktivitas di momen Lebaran.

4. Tak harus selalu mengikuti tren

Tren apa pun memang terlihat menarik. Namun, jika berbicara urusan pakaian, kalian tak wajib mengikuti tren.

Alih-alih mengikuti tren, gunakan pakaian yang cocok dengan tubuh dan kepribadian Anda. Pasalnya, tidak semua jenis tren fesyen cocok untuk semua orang.

5. Pilih bahan baju yang nyaman

Padatnya kegiatan saat Lebaran membuat tubuh rentan berkeringat. Oleh sebab itu, kalian harus pandai-pandai memilih bahan pakaian yang bisa menyerap keringat agar tubuh tetap adem.

Kalian bisa memilih beberapa jenis kain katun, seperti katun Jepang dan katun Paris. Jika ingin lebih adem lagi, bisa mencoba mencari baju yang berbahan katun rayon. Hanya saja, hati-hati karena bahan satu ini mudah kusut.

Selain katun, bisa juga mencari busana berbahan linen. Serat alami pada linen memberikan sensasi adem pada kulit.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pamekasan fashion weekendbaju Lebaranbaju baru lebaranTips Memilih Baju Lebaran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru