Disperindag Pastikan Harga Bahan Pokok di Kabupaten Malang Aman saat Lebaran

Apr 25, 2022 19:48
Plt Kepala Disperindag Kabupaten Malang Agung Purwanto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Plt Kepala Disperindag Kabupaten Malang Agung Purwanto.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H mendatang, harga bahan pokok di Kabupaten Malang terpantau stabil. Artinya, menurut Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perdagangan) Kabupaten Malang Agung Purwanto, meskipun ada kenaikan, tidak terlalu signifikan. Bahkan, ada beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan.

Beberapa harga bahan pokok yang tercatat mengalami penurunan seperti cabai rawit hingga 50 persen, cabai besar hingga 22 persen, beras 0,1 persen, kedelai turun 1 persen. Sedangkan bahan pokok yang harganya naik adalah minyak goreng. Namun, untuk minyak goreng, ada kondisi yang khusus. 

"Sangat landai. Tidak ada gejolak, cenderung stabil, dan produk lainnya tidak ada kenaikan yang signifikan. Bahkan banyak harga bahan pokok yang turun," ujar Agung. 

Dengan kondisi harga bahan pokok yang terbilang relatif stabil tersebut, dirinya memastikan bahwa ketersediaan harga bahan pokok jelang Lebaran ini juga cukup. Sehingga Agung  berharap bahwa masyarakat tidak perlu panic buying untuk membeli bahan pokok. 

"Jadi, saya harap masyarakat tidak panic buying sampai menimbun barang terlalu banyak dan malah bisa mengganggu stabilitas harga sehingga itu menimbulkan keresahan di masyarakat," ungkap  Agung. 

Walau  begitu, pihaknya akan terus memantau manakala terjadi pergerakan harga yang signifikan. Terutama jika ada harga bahan pokok yang naiknya hingga di atas 15 persen. 

"Tentu akan terus kami  pantau. Manakala ada (harga bahan pokok) yang naiknya sampai di atas 15 persen, maka tentu akan ada intervensi dari pemerintah. Baik dari Pemerintah Kabupaten Malang maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur," pungkas Agung. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
harga bahan pokokJelang LebaranDisperindag Kabupaten MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru