Kunjungan Wisatawan Bisa Tembus 1 Juta di Kota Batu saat Libur Lebaran

Apr 25, 2022 17:58
Suasana tempat wisata di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Suasana tempat wisata di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dengan longgarnya kebijakan mudik di tengah pandemi Covid-19 bakal berimbas pada tingkat kunjungan wisatawan di Kota Batu. Dinas Pariwisata Kota Batu memprediksi wisatawan bakal membanjiri tempat wisata di Kota Batu.

“Ini karena pelonggaran regulasi tanpa adanya penyekatan membuat Kota Batu berpotensi dibanjiri wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Baty, Arief As Siddiq.

Arief memprediksi setidaknya kunjungan wisata akan mencapai 1 juta wisatawan. Karena itu pihaknya meminta kepada pelaku wisata di Kota Batu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Diperkirakan kunjungan bisa mencapai 1 juta wisatawan. Ini artinya perekonomian akan berputar. Bukan hanya di sektor wisata, tapi juga produk UMKM di pusat oleh-oleh, okupansi hotel hingga kunjungan resto akan meningkat,” tambah Arief.

Selain itu, Arief meminta untuk pelaku wisata menjalankan aplikasi PeduliLindungi kepada wisatawan yang akan masuk ke tempat wisata. Tentunya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sebelumnya hal ini juga sudah dipertegas oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi di seluruh tempat wisata. Selain dipasang juga harus diterapkan kepada seluruh pengunjung yang datang ke tempat wisata.

“Pastikan aplikasi PeduliLindungi tidak hanya dipasang tapi benar-benar dipakai, jangan hanya sekedar ada dan dipajang saja,” ucap Khofifah usai menggelar Rakor Angkutan Lebaran Tahun 2022 di The Singhasari Resort Hotel, Kota Batu, beberapa saat lalu.

Khofifah meminta kepada setiap daerah melakukan langkah-langkah mitigatif- preventif terutama antisipasi adanya lonjakan pengunjung di lokasi wisata. Salah satunya Kota Batu sebagai jujukan wisatawan dari berbagai daerah.

“Termasuk Kota Batu ini kapasitas maksimal titik-titik tertentu harus diputuskan mengantisipasi lonjakan,” ujar Khofifah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
WISATA KOTA BATUArus Mudiklebaran kota batuDinas Pariwisata Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru