Ubah Data Kesepertaan JKN Jadi Lebih Mudah dengan Inovasi Digital BPJS Kesehatan Melalui Mobile JKN

Apr 25, 2022 15:56
Tampak layanan digital BPJS Kesehatan yang diakses melalui aplikasi di handphone. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)
Tampak layanan digital BPJS Kesehatan yang diakses melalui aplikasi di handphone. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat. Terlebih lagi di era digital ini, layanan BPJS Kesehatan dapat diakses hanya dengan menggunakan handphone dan jaringan internet.

Berbagai layanan BPJS Kesehatan dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN. Tercatat terdapat 18 layanan yang dapat digunakan oleh peserta BPJS Kesehatan, termasuk layanan perubahan data peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Malang Wenan Setyo Nugroho menyampaikan, saat ini peserta JKN-KIS tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan data. Karena peserta dapat melakukan secara mandiri melalui kanal pelayanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan kapan saja dan di mana saja.

"Saat ini peserta JKN-KIS diberikan kemudahan melalui berbagai macam inovasi pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Diantaranya untuk peserta yang akan melakukan perubahan data, dapat melakukan sendiri melalui kanal layanan non tatap muka yang telah kami sediakan," ungkap Wenan dalam keterangan yang diterima JatimTIMES.com, Senin (25/4/2022).

Pihaknya menjelaskan kanal pelayanan non tatap muka yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan adalah aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui Play Store atau App Store.

Kemudian, juga ada pelayanan non tatap muka lainnya yakni Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) terintegrasi dengan nomor tunggal yakni 08118165165. Selain itu juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165.

Melalui berbagai macam kanal tersebut, peserta dapat melakukan perubahan data kepesertaan, perubahan faskes tingkat pertama (FKTP) dan perubahan kelas kepesertaan. "Jadi peserta tinggal memilih akan mengakses layanan yang mana sesuai dengan kebutuhannya," ujar Wenan.

Sementara itu, Farah Nur Adhiba merupakan salah seorang peserta JKN-KIS yang telah merasakan kemudahan layanan non tatap muka BPJS Kesehatan. Perempuan yang saat ini berstatus sebagai Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut menceritakan terkait dirinya yang harus tinggal diluar domisili karena tugas belajar.

Alhasil, Fara pun memutuskan untuk melakukan perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar untuk memudahkannya saat membutuhkan akses pelayanan kesehatan. Namun padatnya jadwal kuliah membuat Fara kesulitan jika harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

"Saya kuliah di Malang, jadi saya harus pindah FKTP di Kota Malang yang dekat dengan kampus saya. Tapi karena jadwal kuliah saya padat, sangat sulit bagi saya untuk meluangkan waktu datang ke kantor BPJS Kesehatan. Beruntung saya mendapat info bahwa ada Aplikasi Mobile JKN, jadi saya ubah saja faskes saya melalui aplikasi ini. Ternyata mudah dan sangat membantu. Terima kasih BPJS Kesehatan," ujar Fara.

Sebagai informasi, dalam Aplikasi Mobile JKn tercatat terdapat 18 layanan. Di antaranya Info Program JKN, Info Lokasi Faskes, Info Ketersediaan Tempat Tidur, Pendaftaran Peserta Baru, Info Peserta, Pendaftaran Pelayanan (antrean), Konsultasi Dokter, Info Jadwal Tindakan Operasi, Pengaduan Layanan JKN, Perubahan Data Peserta, Info Iuran, Pendaftaran Auto Debit, Info Riwayat Pembayaran, Skrining Riwayat Kesehatan, Info Riwayat Pelayanan, Info Virtual Account, Skrinning Mandiri Covid-19, dan Rencana Pembayaran Bertahap (ADV).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BPJS Kesehatanaplikasi mobile jknBPJS Kesehatan Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru