Gelar Pendidikan Politik, DPD PKS Kota Malang Lantik Pengurus DPC Klojen dan Kedungkandang

Apr 24, 2022 16:13
Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Joko Purnomo saat melantik koordinator RW di DPC PKS Klojen dan DPC PKS Kedungkandang, Sabtu (23/4/2022). (Foto: DPD PKS Kota Malang)
Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Joko Purnomo saat melantik koordinator RW di DPC PKS Klojen dan DPC PKS Kedungkandang, Sabtu (23/4/2022). (Foto: DPD PKS Kota Malang)

JATIMTIMES - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang menggelar pendidikan politik dan pelantikan pengurus Koordinator RW DPC PKS Klojen dan DPC PKS Kedungkandang di Hotel Sahid Montana 2 dengan mengusung tema Mewujudkan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Agenda tersebut diikuti oleh 200 peserta. 

Dalam agenda pendidikan politik dan pelantikan pengurus Koordinator RW DPC PKS Klojen dan DPC PKS Kedungkandang tersebut, hadir pula pimpinan DPD PKS Kota Malang, Anggota DPRD Jawa Timur Dwi Hari Cahyono, serta tiga anggota DPRD Kota Malang dari Fraksi PKS yakni Bayu Rekso Aji, Trio Agus Purwono dan Akhdiyat Syabril Ulum.

Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Joko Purnomo mengajak semua peserta undangan untuk tetap 'asyik' dalam menjalankan tugas. Dalam sambutannya, Joko juga mengapresiasi atas semua perjuangan dan pengorbanan para pengurus serta Koordinator RW karena telah total mengokohkan PKS. 

"Selain itu, visi bersama berada dalam partai ini adalah untuk mengusung partai Islam yang rahmatan lil'alamin," ujar Joko dalam keterangan yang diterima JatimTIMES.com, Minggu (24/4/2022). 

Dwi Hari Cahyono.

Sementara itu, Anggota DPRD Jawa Timur Dwi Hari Cahyono menyampaikan, agar semua pengurus partai dapat mewujudkan visi PKS. Yakni sebagai Partai Islam rahmatan lil'alamin yang kokoh dan terdepan dalam melayani rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"PKS adalah partai yanng lahir dari rahim Negara Republik Indonesia. Partai telah berkomitmen dalam melayani masyarakat dengan pelibatan elemen nonpartai yaitu, adanya dewan pakar PKS yanng berasal dari masyarakat. Partai ini adalah milik masyarakat," tegas Dwi. 

Menurutnya, PKS telah berkomitmen untuk meningkatkan wawasan kebangsaan bagi para pengurusnya. Peningkatan wawasan ini dilakukan dengan mengenal lebih dalam tentang Pancasila.

Dwi menuturkan, bahwa Pancasila menjadi unsur penting, serta sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara. PKS menjadikan Pancasila sebagai komitmen bersama dalam menjalankan tugas melayani rakyat. 

Kader PKS

Pihaknya menjelaskan, terdapat beberapa cara dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila. Pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, dapat diimplementasikan dengan toleransi hidup beragama karena di negara Indonesia tidak hanya terdiri satu agama. PKS pun sudah mempraktikkan toleransi beragama.

"Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dapat terealisasi dengan bersikap adil dan sopan santun untuk semua orang tanpa membeda-bedakan," ujar Dwi. 

Ketiga, Persatuan Indonesia, dilakukan dengan mewujudkan negara yang sejahtera. PKS mendorong adanya kesejahteraan bagi masyarakat melalui program-program pelayanan yang ada. 

Keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, yaitu dengan menyelesaikan masalah yang ada melalui musyawarah mufakat. 

"Kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dilaksanakan dengan hukum yang ada harus adil untuk siapa pun," kata Dwi. 

Selain mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, PKS juga berkomitmen untuk melaksanakan "4 Pilar Kebangsaan" lainnya secara utuh yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. 

Kegiatan ini ditutup dengan pelantikan Pengurus Pleno Kecamatan Klojen dan Kecamatan Kedungkandang serta Koordinator RW dari masing-masing Kelurahan yang tersebar dari kedua Kecamatan tersebut. Acara pelantikan berlangsung dengan khidmat dan disambung dengan buka puasa bersama serta ramah tamah Pengurus DPD, DPC dan DPRa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota MalangDPD PKS Kota MalangPKS Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru