Prediksi Lebaran Menurut Ahli Astronomi, Thomas Djamaluddin

Apr 24, 2022 10:16
Thomas Djamaluddin (foto : Republika)
Thomas Djamaluddin (foto : Republika)

JATIMTIMES- Prediksi lebaran merupakan informasi yang selalu dinanti-nanti sebagian besar kaum muslim. Karena pada hari itu, umat Islam akan mengakhiri puasa dan merayakan Hari Raya Idulfitri. Penantian hari raya ini khususnya bagi yang memulai menjalankan ibadah puasa setelah rukyah hilal. 

Thomas Djamaluddin selaku Ahli astronomi dan astrofisika Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan prediksi bahwa  lebaran 2022 akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Melansir dari Antara,Thomas menjelaskan bahwa posisi Bulan di Indonesia pada 29 Ramadhan 1443 Hijriah yang jatuh pada 1 Mei 2022 telah memenuhi batas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura), yakni tingginya sudah di atas 3 derajat dan elongasi sekitar 6,4 derajat.

Hal tersebut dapat diartikan sebagai  adanya kemungkinan bahwa umat Islam di Indonesia akan menyambut hari  Lebaran pada 2 Mei 2022.

"Dengan hisab yang dilakukan di Sumatera juga memenuhi kalau menggunakan elongasi geosentrik. Hasil rukyat, pada sidang isbat akan diterima, ini akan seragam pada 2 Mei 1 Syawalnya," ujarnya.

Namun, Thomas sendiri menambahkan bahwa masih ada kemungkinan hari raya Idul Fitri 2022 jatuh pada Selasa, 3 Mei 2022. Pasalnya, Indonesia berada pada kondisi astronomi sulit dirukyat. Selain itu, potensi cuaca mendung dan hujan yang bisa saja terjadi di lokasi rukyat menjadi salah satu faktor utama. "Jadi ada potensi laporan rukyat menyatakan hilal tidak terlihat," kata  Thomas.

Jika pada 1 Mei 2022 hilal tidak terlihat, maka pengamat rukyat akan mengusulkan istikmal dalam sidang isbat.

Sebagai informasi, Istikmal adalah upaya menggenapkan puasa Ramadhan menjadi 30 hari. Sehingga jika hal ini terjadi maka dapat disimpulkan bahwa hari raya Idul Fitri akan jatuh pada 3 Mei 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
prediksi lebaranIdulfitricahyo setio utomo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru