Konsumsi Timun, Ternyata Banyak Manfaatnya

Apr 29, 2022 23:16
Ilustrasi mentimun (istockphoto)
Ilustrasi mentimun (istockphoto)

JATIMTIMES - Timun bukan hanya sekedar buah yang segar. Timun juga mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Hal tersebut dibenarkan dr Zaidul Akbar yang juga merupakan seorang penceramah.

Dijelaskan, timun memiliki kandungan nutrisi yang bagus, sehingga mampu mengatasi dan menjaga kesehatan organ-organ vital seperti jantung, usus hingga paru-paru.

Timun sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan alkaline dalam timun dapat membersihkan organ tubuh dari racun yang masuk. Zat senyawa aktif ini dapat membersihkan paru-paru kotor.

Timun juga mempunyai banyak kandungan nutrisi, seperti di antaranya lemak, karbohidrat, protein, kalori, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium hingga vitamin E. Sehingga, timun juga bagus untuk menjadi bahan perawatan kulit yang menghambat penuaan dan keriput.

"Berdasarkan penelitian, timun juga dapat menahan racun agar tetap berskiluasi dalam darah," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan dalam akun Instagram resminya @dr.zaidulakbar.resep, timun sangatlah bagus untuk dikonsumsi oleh mereka para perokok. Timun bahkan menurutnya dapat memicu seseorang untuk berhenti merokok.

"Setiap selesai makan nasi, siapkan satu piring timun yang dikupas dan diiris-iris," jelasnya.

Untuk lebih detailnya, berikut 10 manfaat lengkap dari timun,  yakni membersihkan paru-paru kotor; menjaga kesehatan jantung; menjaga kesehatan usus; menghambat penuaan; menghilangkan keriput; membantu meningkatkan cairan tubuh; menjaga kesehatan tulang; mencegah diabetes; membantu menurunkan berat badan sampai membantu melawan kanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Agus Yudhoyono Harimurtitimundr zaidul akbarhidup sehat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru