Mengalami Overthinking, Ini Tips Mengatasinya

Apr 29, 2022 22:42
Ilustrasi overthinking (Ist)
Ilustrasi overthinking (Ist)

JATIMTIMES - Overthinking, kerap kali dialami oleh seseorang. Kondisi ini merupakan kondisi yang dialami oleh mereka yang terlalu banyak berfikir. Hal ini akan menjadi sulit, di mana seseorang yang mengalami overthinking tersebut melakukan sebuah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi.

Dikutip dari GoodRx Health, Sabtu (23/4/2022), overthinking berbeda dengan stress. Overthinking adalah cara otak untuk mencoba mengendalikan situasi dan merasa lebih percaya diri tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ketika seseorang terlalu banyak berpikir, otak akan beralih ke "mode analisis".

Overthinking diketahui juga tak bisa berhenti dengan sendirinya. Akan tetapi, seseorang dapat memutus siklus overthinking dengan menerapkan tips berikut ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, mendeteksi atau melacak pemicu dan pola terjadinya overthinking.

Membuat jurnal dan menuliskan momen-momen tertentu yang memang membuat overthinking. Dengan begitu otak akan mulai berfikir dan memperhatikan pola dan mengenali pemicu overthinking sebelum hal tersebut terjadi. Ini dapat membantu dalam mengembangkan strategi untuk dapat mengatasi ovethinking.

Langkah kedua adalah menggerakkan anggota tubuh atau berolahraga. Olahraga dari beberapa penelitian menunjukkan dapat mengurangi tingkat kecemasan, depresi hingga gangguan mental lainnya. Tak perlu olahraga yang berat, cukup berjalan kaki saja, hal tersebut dapat memberikan imbas positif, seperti menaikkan zat endorfin ke otak.

Berkonsultasi dengan seorang profesional. Jika overthinking sudah tak dapat dikendalikan, maka sebaiknya untuk berkonsultasi dengan pakar yang ahli terkait mental atau kejiwaan. 

Mereka dapat membantu mengidentifikasi dan mengobati penyebab yang mendasari overthinking. Jika terus dibiarkan, ovethinking akan berimbas pada kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, sulit tidur dan hal lainnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
mengatasi overtinkingmental healthmanfaat timunkesehatan mental

Berita Lainnya

Berita

Terbaru