Mudik ke Malang, Ini Rencana Jalur Rekayasa Lalu Lintas jika Macet

Apr 23, 2022 18:42
Kondisi jalan di wilayah Kecamatan Singosari pada Ramadan hari ke-21. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Kondisi jalan di wilayah Kecamatan Singosari pada Ramadan hari ke-21. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Masyarakat yang akan mudik ke Malang harus mengetahui simpul jalan mana yang bakal mengalami rekayasa arus lalu lintas jika terjadi kemacetan.  Sehingga ketika masuk masuk Malang Raya, tidak perlu lagi bingung.

Kasatlantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya telah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas saat momen Lebaran nanti. Beberapa di antaranya yakni di pintu exit tol.

“Rekayasa lalu lintas yang sudah kami siapkan ada di dua tempat. Pertama di wilayah utara atau exit tol dan lanjut ke Karangploso yang mengarah ke Batu,“ kata Agung.

D isisi lain, tidak tertutup kemungkinan  arus lalu lintas akan padat ketika menuju Kota Batu saat libur Lebaran. Sebab, berkaca pada tahun sebelumnya, arus lalu lintas selalu padat saat libur Lebaran.

“Kami juga berkoordinasi dengan jajaran Satlantas Polres Batu nanti apabila yang mengarah ke Batu ada kepadatan, mungkin ada semi-one way yang diberlakukan di Karangploso sampai di simpang tiga Pendem,” ungkap Agung.

“Nanti mana arus yang panjang, mana yang ke Batu atau mana yang turun, itu akan kami sesuaikan untuk semi-one way-nya. Sistemnya buka tutup,” imbuh Agung.

 Agung juga akan mengalihkan arus lalu lintas di jalan tol jika pintu exit tol di Lawang atau Singosari mengalami kepadatan. Pihaknya akan mengalihkan arus ke exit tol Pakis atau Madyopuro.

“Di ruas exit tol nanti, apabila exit tol Singosari itu padat, nanti akan kami alihkan di exit tol Pakis atau ke Madyopuro. Itu beberapa langkah apabila memang di exit tol Singosari dan Lawang padat. Nanti kami juga akan koordinasi dengan Jasa Marga jika memang exit tol Singosari padat, apakah disesuaikan kebijakan keseluruhan, apakah di-free-kan atau bagaimana,” ucap  Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
rekayasa lalu lintasSatlantas Polres Malangkemacetan lalu lintasBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru