Penyaluran DD Tahap I di Kabupaten Malang Ditarget Rampung Sebelum Lebaran

Apr 23, 2022 17:11
Ilustrasi dana desa.(Foto: Istimewa)
Ilustrasi dana desa.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Penyaluran Dana Desa tahap pertama bagi desa di Kabupaten Malang ditargetkan bisa rampung sebelum Idul Fitri 1443 H mendatang. Menurut data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, saat ini masih ada 21 desa yang masih berproses untuk pencairan DD tahap pertama. 

Menurut Plt Kepala DPMD Kabupaten Malang, Suwadji, 21 desa yang masih berproses dalam penyaluran DD tersebut karena beberapa waktu lalu masih menunggu kepastian pagu alokasi dana desa (ADD) dan juga belum menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). 

"Kemarin sisanya, itu kalau riil tinggal 21 desa yang belum. Karena 21 desa itu belum menetapkan APBDes karena masih menunggu pagu ADD. Tapi sekarang sudah (berproses)," ujar Suwadji belum lama ini. 

Untuk itu, dirinya berharap agar desa yang belum merampungkan prosesnya, bisa segera mengambil tindak lanjut. Dan ditargetkan bisa rampung sebelum momen lebaran mendatang. 

"Karena kalau enggak kan yang rugi desanya sendiri. BLT (Bantuan Langsung Tunai) DD nya juga rugi. Jadi sebelum Hari Raya ini kepala desa ini juga sanggup untuk menuntaskan," imbuh Suwadji. Terlebih menurut Suwadji, pada pencairan DD tahap pertama ini hanya Perdes tentang APBDes dan data soal keluarga penerima manfaat (KPM).

"Kalau laporan realisasi sebelumnya itu kan untuk tahap kedua," tegas Suwadji. 

Sementara itu sebagai informasi, proporsional penggunaan DD pada tahun 2022 ini telah diatur di dalam Perpres 104 tahun 2021. Dan juga tertuang di dalam Permendesa 7 tahun 2021. 

Di mana proporsinya disebutkan bahwa minimal 40 persen dari DD dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD, 20 persen untuk ketahanan pangan dan hewani, 8 persen untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 dan sisanya sekitar 32 persen digunakan untuk skala prioritas yang ada di desa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
DPMD Kabupaten MalangDana Desa Kabupaten MalangAlokasi Dana Desa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru