Bung Edi Apresiasi BKM Wargo Mulyo Kelurahan Ciptomulyo, Berikan Beras kepada 250 Warga

Apr 22, 2022 20:38
Wakil Wali Mota Malang Sofyan Edi Jarwoko (tengah rompi hitam) saat berfoto bersama dengan para pengurus BKM Wargo Mulyo dan perwakilan warga yang menerima bantuan beras seberat 5 kilogram di Aula Kantor Kelurahan Ciptomulyo, Jumat (22/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wakil Wali Mota Malang Sofyan Edi Jarwoko (tengah rompi hitam) saat berfoto bersama dengan para pengurus BKM Wargo Mulyo dan perwakilan warga yang menerima bantuan beras seberat 5 kilogram di Aula Kantor Kelurahan Ciptomulyo, Jumat (22/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Wargo Mulyo Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

Hal itu berdasarkan program dari BKM Wargo Mulyo yang telah memberikan bantuan beras lima kilogram kepada 250 warga yang belum mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng (migor). 

"Ini hasil dari BKM menggalang sedekah, kemudian diberikan. BKM memberikan bantuan beras (5 kilogram) untuk warga yang belum menerima BLT migor. Sehingga dengan demikian, friksi dan kondisi di lapangan bisa terkondisi dengan baik, tidak terjadi polemik. Makanya saya memberikan apresiasi," ungkap Bung Edi.

Menurut dia,  upaya yang dilakukan oleh BKM Wargo Mulyo ini salah satu solusi di tengah pemulihan ekonomi di tengah pandemi vovid-19 yang terus berjalan. Pihaknya pun mengatakan bahwa cara seperti ini patut untum ditiru oleh kelompok-kelompok masyarakat serta BKM di wilayah kelurahan lainnya. 

Wawali mengakui bahwa fakta di lapangan masih didapati masyarakat yang harusnya menerima bantuan, namun belum dapat menerima BLT migor. Menurut dia, perkembangan ketidaksesuaian data di lapangan dengan data yang dimiliki oleh pemerintah secara berkala harus diperbaharui. 

"Mungkin karena pandemi dua tahun ini angka kemiskinan kan naik. Sehingga mesti ada perubahan data. Selama dua tahun pandemi kan macam-macam dampaknya. Itulah kondisi di lapangan yang kita temukan hari ini," terang Bung Edi. 

Pemberian bantuan beras 5 kilogram.

Lebih lanjut, temuan terkait data masyarakat yang belum mendapatkan BLT migor, padahal  seharusnya berhak mendapatkan karena telah memenuhi syarat, akan menjadi evaluasi Pemkot Malang melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang. 

"Ini bagian yang harus diinformasikan ke Kementerian Sosial yang layak untuk menerima. Wajar lah itu angka kemiskinan naik kok. Jadi, yang namanya angka kemiskinan kemarin 4. Sekarang sudah naik lagi salah satunya temuan ini. Pintu masuknya dari dinsos dan puskessos nanti," tandas Bung Edi. 

Sementara itu, Koordinator BKM Wargo Mulyo Kelurahan Ciptomulyo Hariyadi mengatakan, sebenarnya pihaknya tidak menyangka Bung Edi selaku wakil wali kota Malang turun langsung menemui masyarakat di Kantor  Kelurahan Ciptomulyo. Karena itu, Hariyadi mengapresiasi kehadiran wawali.

Hariyadi menyampaikan, BKM Wargo Mulyo  telah banyak menerima keluhan dari masyarakat, terutama mengenai penyaluran  BLT migor. Dari keluhan itu, BKM Wargo Mulyo  melakukan rapat untuk membahas mekanisme pemberian bantuan. 

"Jadi, BKM rapat memutuskan kita berikan kepada mereka yang belum pernah mendapatkan BLT. Apa lun itu namanya. Agar apa? Minimal dengan ini itu, mereka bisa menikmati. Itu saja," pungkas Hariyadi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bantu wargaWawali Kota Malang Sofyan Edi JarwokoPemeriksaan LKPD 2021Berita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru