Posko Pengaduan THR untuk Pekerja Disiapkan Pemkot Batu di Balai Kota Among Tani

Apr 22, 2022 19:59
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso (kanan).
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso (kanan).

JATIMTIMES - Tunjangan Hari Raya (THR) dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran.  Termasuk di Kota Batu.  Namun, jika ada masalah, Pemkot Batu bersiap membuka posko pengaduan THR.

Posko  ini dihadirkan bagi para pekerja di Kota Batu yang ingin mengadukan nasibnya jika tidak menerima THR atau THR tidak sesuai ketentuan.

Posko pengaduan THR ini bakal dibuka selama H-7 Lebaran di Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-Naker) di Balai Kota Among Tani. Nanti, posko ini akan melibatkan pihak legislatif dan Dewan Pengupahan Kota Batu.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menegaskan agar pemberi kerja memenuhi hak THR pekerja dengan tepat waktu. ”Saya minta agar aturan itu dipatuhi perusahaan,” ucap Punjul.

Apalagi di tengah turunnya kasus aktif covid-19, bukan lagi menjadi alasan tidak memberikan THR kepada pekerja. “Perekonomian mulai membaik. Jadi, tidak ada  alasan lagi tidak memberikan THR,” imbuh Punjul.

Nantinya, pekerja yang belum mendapatkan THR H-7 Lebaran atau merasa THR-nya tak sesuai peraturan bisa mengadu ke kantor tersebut. Posko ini diperuntukkan bagi semua pekerja yang bekerja di Kota Batu, termasuk yang bukan warga Kota Batu.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh  Kabid Tenaga Kerja DPMPTSP-Naker Kota Batu Supriyanto. “Silakan lapor ke posko jika tidak menerima THR,” ujar dia 

Supriyanto menambahkan, THR berhak diberikan kepada pekerja dengan masa kerja satu bulan atau lebih. Baik pekerja dengan status perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) atau perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).

Besaran THR yang diberikan juga tergantung masa kerja. Bagi pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus-menerus, tapi kurang dari 12 bulan, maka THR diberikan secara proporsional perhitungan masa kerja.

Selain it,  THR wajib diberikan kepada pekerja dengan masa kerja minimal 12 bulan dengan besaran hingga satu kali gaji, sesuai ketentuan perusahaan masing-masing. Sementara untuk masa kerja di bawahnya diberikan sesuai perhitungan masa kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
THRTunjangan Hari RayaPemkot BatuPosko Pengaduan THR

Berita Lainnya

Berita

Terbaru