THR PNS Pemkot Malang Diupayakan Segera Cair, Ada Data yang Divalidkan

Apr 22, 2022 19:37
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat ditemui di Balai kota Malang, Jumat (22/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat ditemui di Balai kota Malang, Jumat (22/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ini kabar terbaru bagi PNS Pemkot Malang yang tengah menunggu cairnya tunjangan hari raya (THR).  Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan THR PNS itu diupayakan cair sebelum cuti bersama Lebaran pada  29 April 2022 mendatang.

"Targetnya sebelum tanggal 28 karena  29 (April) sudah pada libur. Sebelum itu harus sudah selesai (pemberian THR PNS Pemkot Malang). Sekarang kan tanggal 22. Masih ada satu minggu lagi," ungkap pejabat yang akrab disapa Bung Edi tersebut, Jumat (22/4/2022).

Bung Edi mengatakan, pencairan THR PNS Pemkot Malang saat ini terus berproses terkait validasi data. Terlebih lagi jika menurut data pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, jumlah PNS di Kota Malang pada tahun 2020 berjumlah 6.481 orang.

Diperkirakan pada tahun 2022 ini jumlah PNS yang mendapatkan THR akan bertambah, seiring proses penerimaan CPNS (calon pegawai negeri sipil) selama dua tahun ke belakang terus berjalan. "Peningkatan (jumlah penerima THR) ya jelas karena kemarin ASN nerima banyak," kata Bung Edi.

Namun, pada intinya pemkot berupaya segera melakukan pencairan THR. Terlebih lagi, pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian THR dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Kemudian, Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani juga sempat memberikan keterangan resmi bahwa pemberian THR direncanakan H-10 sebelum Lebaran. Namun, jika terdapat kendala teknis saat pencairan, THR dapat dicairkan setelah Lebaran. Sedangkan gaji ke-13 akan dicairkan Juli 2022. 

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Malang Subkhan mengatakan, pengalokasian anggaran untuk pencairan THR PNS di lingkup Pemkot Malang masih dalam proses penghitungan. Ada beberapa komponen yang memerlukan perhitungan valid.

Namun, untuk estimasi sementara, Subkhan menyebutkan jumlah anggaran untuk THR PNS Pemkot Malang mencapai lebih dari Rp 29 miliar. "Untuk THR Rp 29.049.288.000. begitu juga dengan gaji ke-13. Sedangkan komponen TPP (tambahan penghasilan pegawai) masih proses verifikasi," kata Subkhan.

Lebih lanjut, Subkhan juga membenarkan bahwa peraturan wali kota Malang yang mengatur  pemberian THR dan gaji ke-13 masih dalam perumusan di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Perjalanan dengan kereta apiTunjangan Hari Rayagaji ke 13Pemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru