Punya Peran Vital, LP2M UIN Malang Tekankan Panduan Penyusunan SOP

Apr 22, 2022 16:57
LP2M beri arahan serta panduan penyusunan SOP kepada seluruh pusat studi (Ist)
LP2M beri arahan serta panduan penyusunan SOP kepada seluruh pusat studi (Ist)

JATIMTIMES - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang mengumpulkan para kepala dan staf pusat studi di bawah naungannya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan arahan serta panduan penyusunan SOP kepada seluruh pusat studi.

Ketua LP2M, Prof. Dr. Agus Maimun, menyatakan bahwa arahan ini dilakukan untuk memberikan arahan serta panduan penyusunan SOP kepada seluruh pusat studi.

"Tentunya agar semua bisa berjalan dengan lancar, sehingga berimbas pada kemajuan lembaga," tuturnya.

Fani Fariedah, M.P., narasumber dalam workshop tersebut, menjelaskan, Standard Operational Procedure (SOP) dalam suatu lembaga, mempunyai peran yang sangat penting. 

Pasalnya, SOP berperan sebagai pengendali kualitas suatu sistem dan juga konsistensi suatu teknis. Sesuai namanya, SOP adalah acuan sivitas akademik di suatu kampus ketika akan mengurus suatu hal. 

1

"Karena untuk diakses secara publik, maka SOP bersifat terbuka dan fair," tambah dosen di Fakultas Perikanan, Universitas Brawijaya Malang itu.

Lebih lanjut dijelaskan, SOP tentunya mempunyai manfaat yang sangat bagus. Pertama, SOP menjadi pedoman kerja suatu unit di kampus ataupun lembaga. SOP terdapat pada berbagai macam bidang. Seperti halnya alur pengajuan proses kelulusan mahasiswa dan yang lainnya.

Dengan adanya SOP, maka para mahasiswa akan sangat terbantu dalam melakukan kepengurusan dalam proses kelulusan atau bidang lainnya.

"Karena, ada alur dan timeline yang jelas yang tertera di SOP," jelas Fani.

Sementara itu, tanpa SOP, tentunya sebuah sistem akan rancu. Alhasil, ada kelambatan dan kesalahan dalam prosesnya, sehingga pengguna layanan dapat mengajukan protes karena tidak sesuai SOP yang dibuat. 

"Ketika kita membuat SOP, berarti kita berani bertanggung jawab ketika ada ketidakcocokan dalam realisasinya," tegasnya.

Selain Fani, LP2M UIN Malang juga mengundang Prof. Dr. Endang Purwaningsih, M.Si., salah satu senior di LP2M Universitas Negeri Malang. Ia khusus membahas penyusunan pedoman pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengalamannya selama bertahun-tahun mengabdi di LP2M dibagi dalam workshop tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN MalangUIN Maulana Malik IbrahimUIN Maulana Malik Ibrahim MalangUIN Maliki Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru