Kelonggaran Mudik Lebaran 2022, Pemkot Malang Imbau Masyarakat Tetap Taat Prokes

Apr 22, 2022 16:44
Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko didampingi Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto dan Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 di Balaikota Malang, Jumat (22/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko didampingi Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto dan Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 di Balaikota Malang, Jumat (22/4/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah pusat telah memberikan kelonggaran bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran di momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang. Kelonggaran diberikan setelah dua tahun ke belakang terjadi pembatasan terkait mudik karena pandemi Covid-19.  

Dengan adanya kelonggaran mudik Lebaran 2022, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengimbau kepada seluruh masyarakat luas Kota Malang maupun yang akan datang ke Kota Malang agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. 

"Kegiatan (mudik) di longgarkan, tidak ada penyekatan, tapi jangan lupa yang namanya masker, protokol kesehatan, tetap harus menjadi prioritas," ungkap pejabat yang akrab disapa Bung Edi kepada JatimTIMES.com, Jumat (22/4/2022). 

Kemudian, pihaknya juga akan memastikan arus lalu lintas selama momentum mudik Lebaran 2022 selama tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022 berjalan dengan aman dan lancar. Terlebih lagi, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 juga telah digelar. Artinya petugas dari lintas instansi juga telah disiapkan dalam pengamanan selama arus mudik Lebaran 2022. 

"Intinya kita semua mempersiapkan bagaimana pelaksanaan mudik dan Idul Fitri serta arus balik bisa berjalan dengan lancar, aman, dan masyarakatnya sehat," terang Bung Edi. 

Terlebih lagi saat ini berdasarkan data terbaru di website infocovid19.jatimprov.go.id per hari Jumat, 22 April 2022, angka kasus aktif Covid-19 Kota Malang bertambah dua orang menjadi 19 orang. Kemudian angka terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah enam orang menjadi 28.757 orang, angka kesembuhan dari Covid-19 bertambah empat orang menjadi 27.495 orang, angka kematian akibat Covid-19 nihil pertambahan menjadi 1.243 orang. Sehingga recovery rate Kota Malang sebesar 95,61 persen dan fatality rate Kota Malang sebesar 4,32 persen.

Selaras dengan penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes), Bung Edi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Malang agar mengikuti program percepatan vaksinasi dengan lengkap hingga vaksin dosis ketiga atau booster.

Pihaknya pun telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari unsur Polresta Malang Kota, Kodim 0833/Kota Malang, pengurus takdir Masjid di Kota Malang, hingga lintas komunitas masyarakat yang antusias membantu program percepatan vaksinasi di Kota Malang. 

"Bagi mereka yang belum vaksin booster maupun vaksin yang kedua, kita siapkan. Sehingga tetap aspek kesehatan yang menjadi prioritas utama, walaupun banyak kelonggaran," pungkas Bung Edi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Mudik LebaranKota MalangSofyan Edi JarwokoWakil Wali Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru