Ikhtiar Atasi Banjir, Ini yang Dilakukan Dinas Pekerjan Umum Kota Malang

Apr 22, 2022 10:25
DPUPRPKP saat melakukan normalisasi saluran (Ist)
DPUPRPKP saat melakukan normalisasi saluran (Ist)

JATIMTIMES - Belasan personel Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, didukung alat berat terjun mengangkat belasan kubik sedimen dan sampah dari saluran di kawasan Bukirsari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang pada Rabu (21/4/2022). 

Kegiatan ini menjadi bagian ihtiar Pemerintah Kota Malang mengurangi resiko terjadinya banjir dan genangan dalam periode pancaroba di Malang Raya yang diprediksi BMKG akan berlangsung hingga awal Mei.

1

"Kita tentu berharap tidak ada kondisi ekstrem. Pengerukan alat berat seperti hari ini di Bukirsari yang sering terendam sebagai antisipasi”, ungkap Ir Diah Ayu Kusumadewi, MT, Kepala DPUPRPKP.

Saluran di Bukirsari memiliki relasi dengan jaringan yang ada di Jalan Letjen S Parman, sehingga ia berharap kegiatan hari ini juga dapat mengurangi resiko genangan pada lokasi lain dalam jaringan terhubung.

Diah menambahkan, salah satu tantangan pengerukan adalah akses masuk alat berat yang terbatas mengingat ruang-ruang di kanan kiri saluran banyak bangunan. Pun demikian, pihaknya akan terus berupaya termasuk membuat akses sementara agar alat berat bisa masuk serta melakukan kordinasi dengan pihak terkait, 

"Seperti di sekitar Sutoyo itu juga turunnya saluran dalam, perlu beberapa alat berat dan dibuat jalan sementara.  Kita juga sedang komunikasi dengan beberapa instansi terkait untuk kebutuhan tambahan alat berat dan koordinasi pengerukan di saluran irigasi yang diluar kewenangan Pemkot", imbuhnya.

2

Diah memastikan bahwa satgas drainase DPUPRPKP juga terus mobile membersihkan saluran demi saluran dengan bekerja sama dengan satgas tingkat kecamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
DPUPRPKP Kota MalangKota MalangDiah Ayu Kusumadewibanjir malangKota Malang Banjir

Berita Lainnya

Berita

Terbaru