Anemia hingga Panas Dalam Bisa Sembuh hanya dengan Rutin Bikin Seduhan 1 Ini untuk Detox

Apr 22, 2022 08:28
Ilustrasi (Foto: Deherba.com)
Ilustrasi (Foto: Deherba.com)

JATIMTIMES - Seorang dokter sekaligus penulis buku JSR dr. Zaidul Akbar, memberikan sebuah resep seduhan yang terbuat dari biji selasih. Disebutkan dr. Zaidul Akbar, biji selasih bisa jadi salah satu upaya untuk detoksifikasi atau detox mengatasi anemia.

dr. Zaidul Akbar juga mengatakan, biji selasih dinilai sangat efektif dan dikenal banyak orang, dapat menyembuhkan panas dalam.

"Selasih ini merupakan biji yang berasal dari tanaman kemangi, cenderung hanya memiliki satu warna, yakni cokelat tua kehitaman, serta memiliki biji yang lebih kecil," ujar dr. Zaidul Akbar.

Dilansir dari Instagram @dr.zaidulakbar.resep, Jumat (22/4/2022) biji selasih mempunyai berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti serat, kalsium, protein, zat besi, dan fosfor.

"Nutrisi di biji selasih, bisa membantu bapak ibu mengatasi sakit kepala yang disebabkan karena anemia, bisa juga dijadikan minuman sehat untuk meredakan panas dalam, ampuh ini," tutur dr. Zaidul Akbar. 

Ia lantas menjelaskan, biji selasih juga saat ini bisa ditemukan sebagai pelengkap makanan dan minuman, seperti pada seduhan rempah, jus, smoothies, dan puding.

Namun, tidak jarang masih ada yang mengira bahwa biji selasih sama dengan chia seeds. Padahal, keduanya berbeda. 

"Bedanya biji selasih sama chia seeds, kalau chia seeds bisa langsung dikonsumsi, bisa buat topping atau taburan buah, dan bisa rendam di dalam air. Kalau selasih, nggak bisa dikonsumsi langsung, dia harus direndam terlebih dahulu sebelum dikonsumsi," kata dr. Zaidul Akbar.

Meski punya perbedaan, dr. Zaidul Akbar menyebut keduanya sama-sama mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

"Biji selasih dan chia seeds sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, memiliki serat yang tinggi, mampu mengatasi dan mencegah sembelit," cetus dr. Zaidul Akbar. 

dr. Zaidul Akbar lalu menyarankan, agar kita tetap mengkonsumsi biji selasih dalam anjuran normal, dan tidak berlebih-lebihan. "Konsumsi biji selasih dalam anjuran normal ya, dosisnya untuk orang dewasa 1-2 sendok makan per hari," saran dr. Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
zaidul akbarmanfaat biji selasihistri setia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru