Kehabisan Uang Mau Pulang Kampung, Pria Paruh Baya Nekat Curi Uang di Kotak Amal

Apr 21, 2022 20:06
Polisi saat menunjukkan barang bukti berupa kotak amal yang dirusak dan uangnya dicuri (foto: Polsek Pakis for JatimTIMES)
Polisi saat menunjukkan barang bukti berupa kotak amal yang dirusak dan uangnya dicuri (foto: Polsek Pakis for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Seorang pria yang kehabisan uang nekat membobol sebuah kotak amal di musala di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang demi untuk pulang kampung saat lebaran.

Terduga pelaku tersebut melakukan aksinya di Musala Darul Muhlisin, Dusun Boro Urek-urek, Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis yang akhirnya tertangkap warga.

Kapolsek Pakis, AKP Moch Lutfi mengatakan terduga pelaku diketahui berinisial AU (45), warga Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Pihaknya saat ini masih terus melakukan pengembangan apakah ada kasus lain yang melibatkan pria tersebut.

“Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (18/4) kemarin sekitar pukul 09.30 WIB, dan saat ini Arif sudah kami amankan, kami masih mengembangkan kasus ini, apakah ada tindak kejahatan lain yang dilakukannya,” ucap Lutfi, Kamis (21/4/2022).

Berdasarkan penyelidikan, Lutfi menjelaskan bahwa saksi bernama Wahyudi diberitahu saksi Amir bahwa di dalam Musala ada seorang pria tak dikenal yang gerak geriknya mencurigakan. Pria itu masuk ke dalam Musala dengan berpura-pura menunaikan salat Dhuha.

Saat kedua saksi mendatangi lokasi. Ternyata pria tersebut sudah tidak ada. Namun kotak amal sudah dalam kondisi rusak dan uang di dalamnya hilang tak tersisa.

Meyakini bahwa kotak amal tersebut dibobol pria yang dicurigai tadi, akhirnya kedua saksi berusaha mencari. Mereka juga memberitahukan pada warga sekitar.

Akhirnya, warga mengetahui keberadaan terduga pelaku yang berusaha kabur ke pekarangan di belakang rumah warga. Selanjutnya pelaku ditangkap beramai-ramai dan sempat dipukuli.

Selanjutnya bersama barang bukti, pelaku diserahkan ke Polsek Pakis. Barang bukti yang diamankan adalah kotak amal, batang besi dibalut kertas untuk mencongkel dan sebuah tas kresek hitam berisi uang Rp 2.639.000.

“Pengakuannya sementara pencurian itu dilakukan seorang diri. Dan tersangka mengaku terdesak karena tidak memiliki uang untuk biaya pulang,” pungkas Lutfi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
aksi pencurianpencurian kotak amalKabupaten Malangpencurian kotak amal kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru