Peringati Hari Kartini, ASN Kota Batu Berlomba Mendongeng

Apr 21, 2022 14:40
ASN saat tampil di depan panggung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu.
ASN saat tampil di depan panggung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

JATIMTIMES - Peringati Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2022) ada yang cukup menarik digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Batu tahun 2022. Yakni menyelenggarakan lomba mendongeng oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Perlombaan ini mengusung tema ‘Peran Ibu dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Dongeng’. Lomba mendongeng diikuti oleh perwakilan berbagai instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Batu.

Para peserta pun berlomba memberikan yang terbaik. Bukan hanya lantang membawakan dongeng, ekspresi wajah dan gerakan tangan pun tidak luput para peserta berikan. Tak hanya itu saja, peserta menampilkan riasan juga busana kebaya terbaik mereka demi memberikan yang maksimal. Tentunya supaya juri juga memberikan penilaian yang lebih.

Apalagi dalam lomba ini Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko langsung melihat mereka. Dewanti mengatakan, mendongeng merupakan salah satu cara untuk memberikan pendidikan karakter kepada anak. Dengan mendongeng, anak-anak dapat mendapatkan nilai budaya, nilai humanis dan nilai moral. 

“Mudah-mudahan dengan ajaran dongeng ini, Ibu-ibu tersadar bahwa mendongeng adalah cara untuk memasukkan nilai-nilai yang menjadi pegangan anak-anak hingga dewasa” kata Dewanti.

Sementara itu, Ketua DWP Kota Batu Qurotu Aini Zadim menambahkan, kebiasaan mendongeng atau membacakan cerita seringkali ditinggalkan. Padahal mendongeng menjadi salah satu cara menyenangkan untuk mendukung tumbuh kembang anak.

“Mendongeng dapat menstimulasi keterampilan bahasa dan beberapa jenis kecerdasan majemuk anak-anak” ujar Aini. 

Sementara itu, lomba mendongeng ini dimenangkan oleh Atik dari BKPSDM, diikuti oleh Wahyu Sasongko dari BKD & Aset sebagai juara 2, Yanti dari Diskumdag sebagai juara 3, Juara Harapan 1 adalah Niken dari Balitjestro dan Juara Harapan 2, Aulia dari Diskominfo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Hari KartiniLomba Dongengkemenag lumajang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru