Pendanaan dan Insentif Mahasiswa Fakultas Sastra Dalam Publikasi Ilmiah

Apr 21, 2022 12:21
Sosialisasi Bantuan Pendanaan dan Insentif Kegiatan Ilmiah dan Publikasi Bagi Mahasiswa Fakultas Sastra (zoommeeting/zoom.us.um.ac.id)
Sosialisasi Bantuan Pendanaan dan Insentif Kegiatan Ilmiah dan Publikasi Bagi Mahasiswa Fakultas Sastra (zoommeeting/zoom.us.um.ac.id)

JATIMTIMES - Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang mengadakan Sosialisasi Bantuan Pendanaan dan Insentif Kegiatan Ilmiah dan Publikasi Bagi Mahasiswa Fakultas Sastra. Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. 

Dalam memberikan  sambutan  Prof Utami Widiati Dekan Fakultas Sastra menyampaikan bahwa  acara tersebut  diselenggarakan sebagai upaya mengubah mindset civitas akademik Fakultas Sastra dalam mendongkrak kepedulian terhadap akademik. 

“Kami bersama-sama pada siang hari ini mengundang adik mahasiswa untuk bersama berpartisipasi supaya 2024 UM bisa berada di bawah 1.000 dari QS World University Ranking yang akan mengukur Academic Reputation diupayakan melalui kinerja-kinerja publikasi kita. Jadi kalau saat ini yang masih peduli dengan publikasi adalah dosen-dosen karena ada kaitan dengan jabatan fungsional akademik, mahasiswa S2 dan mahasiswa S3 yang tidak bisa mengambil ijazah kecuali sudah mengumpulkan karya yang terpublikasi sesuai prasyaratan kelulusan. Kami berupaya mengubah mindset adik-adik untuk bisa bersama-sama dengan civitas akademika se-fakultas mendongkrak reputasi kinerja kita dalam hal akademik,” ujar Dekan Fakultas Sastra tersebut. 

Sementara itu, Dr. Yusuf Hanafi selaku Wakil Dekan III Fakultas Sastra berpendapat bahwa acara tersebut bertujuan memberikan bantuan pendanaan bagi mahasiswa Fakultas Sastra yang berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah dan mempublikasikan naskah akademik. Hal tersebut termasuk mahasiswa Fakultas Sastra yang berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah sekaligus mempublikasikan naskah akademiknya baik berwujud jurnal nasional atau internasional. 

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa kemudian karya yang dibuat akan di prosiding baik terindeks oleh publisher internasional maupun ISSN, kemudian buku, dan menyebarluaskan karya kreatif populernya dalam berbagai platform media maupun cetak. 

Bentuk kegitan ilmiah dan publikasi yang bisa mendapatkan pendanaan dan insentif dari fakultas sastra adalah partisipasi dalam konferensi nasional maupun internasional. Kemudian publikasi buku ajar atau referensi, monograf, book chapter. Selain itu pembuatan artikel  ilmiah yang terbit pada jurnal nasional atau internasional, kemudian artikel populer di media massa nasional dan berita yang dimuat di website UM atau website lain yang egible. 

Selain karya tulis yang mendapatkan bantuan dana serta intensif pembuatan video minimal durasi dua menit dokumentasi kegiatan peristiwa maupun prestasi civitas akademika Fakultas Sastra yang diunggah di website atau youtube Fakultas Sastra serta foto profil lembaga dan foto desain media sosial. 

Sebagai informasi, pihak-pihak penting yang terlibat dalam acara tersebut antara lain Dekan Fakultas Sastra Prof. Utami Widiati, Wakil Dekan III Fakultas Sastra Dr. Yusuf Hanafi serta para Wakil Dekan, para Ketua dan Sekretaris Departemen, serta para Ketua Program Studi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Fakultas Sastra UMrisiko kecelakaan kerja

Berita Lainnya

Berita

Terbaru