Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

3 Tips Siapkan Duit "Salam Tempel", Tradisi Lebaran untuk Sanak Saudara

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

29 - Apr - 2022, 11:12

Ilustrasi (Foto: Depositphotos)
Ilustrasi (Foto: Depositphotos)

JATIMTIMES - Jika tak ada alang melintang, Senin (2/5/2022) seluruh umat Islam akan merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah. Hari kemenangan itu tiba setelah satu bulan kita menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Berbagai tradisi pun biasanya dilakukan saat Idul Fitri atau Lebaran. Biasanya kita yang sudah memiliki penghasilan menyiapkan dana untuk berbagai keperluan Lebaran. 

Salah satunya yakni "salam tempel" bagi sanak saudara. Perencana Keuangan Oneshildt Financial Planning Agustina Fitria menjelaskan bagaimana mengelola uang salam tempel saat Lebaran. 

Agustina mengatakan bahwa  pengeluaran untuk 'salam tempel' sebenarnya sah-sah saja, asal dilakukan dengan nominal yang wajar dan semampu kita. 

Berikut 3 tips menyiapkan dana 'salam tempel' saat Lebaran: 

1. Buat Prioritas

Menurut Agustina, pengeluaran 'salam tempel' ini masuk dalam pos THR. Namun, hal itu bukan berarti begitu dapat THR, langsung dialokasikan semua untuk 'salam tempel'.

"Buat prioritas dulu, THR dipakai untuk apa saja, misal makanan, pakaian, sesuai kebutuhan tiap rumah tangga. Begitu juga kewajiban seperti membayar THR pekerja rumah atau petugas kebersihan dan keamanan," jelas Agustina. 

2. Menghitung Nominal

Jika seluruh prioritas sudah terpenuhi dan masih ada sisa dana untuk, susunlah kebutuhan nominalnya. Meski tidak ada aturan khusus, Agustina memberi masukan agar penentuan nominal rasional.

"Karena ini sifatnya sukarela, jadi tiap orang berhak menentukan mau memberikan dalam jumlah berapa," kata Agustina.

3. Sumber Lain

Jika dana THR tidak cukup, tapi merasa masih perlu memberi 'salam tempel', maka carilah sumber lain.

"Sebelum pandemi, umumnya orang mengeluh kantong jebol saat hari raya. Nah berarti THR-nya tidak cukup, maka perlu disiapkan dari setahun sebelumnya, misalnya disisihkan dari gaji bulanan, bonus jika ada, atau penghasilan sampingan," jelas Agustina.


Topik

Serba-Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni