4 Tips Mudik Asyik dan Aman dengan Menggunakan Kendaraan Pribadi

Apr 29, 2022 07:05
Persiapan mudik Lebaran.(Foto: menara62)
Persiapan mudik Lebaran.(Foto: menara62)

JATIMTIMES - Mudik Lebaran adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Terlebih, kondisi pandemi beberapa tahun belakang membuat pemerintah membatasi mobilitas sehingga mudik ikut dilarang.

Namun  tahun ini pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan dibolehkannya mudik bagi masyarakat. Sehingga momen Idul Fitri kembali bisa dirayakan bersama sanak keluarga di kampung halaman, terlebih bagi para perantau. 

Jika tak ada alang melintang, pada Senin (2/5/2022) seluruh umat muslim akan melaksanakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 1443 Hijriah.

Jika kalian adalah salah satu yang berencana mudik tahun ini, jangan lupa pertimbangkan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil agar lebih aman dan nyaman. 

Agar perjalanan dengan mobil makin menyenangkan, simak 4 tips berikut yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Lakukan vaksinasi

Sebelum mudik, pastikan sudah memenuhi anjuran pemerintah untuk vaksinasi dosis lengkap (ditambah booster jika memungkinkan). Sebab, vaksinasi akan membantu tubuh Anda lebih tahan terhadap serangan virus. 

Selain itu, vaksin membuat Anda lebih tenang selama perjalanan jika ada pemeriksaan. Selain vaksinasi, mudik di masa pandemi juga harus disertai dengan persiapan ekstra. Misalnya membawa perlengkapan protokol kesehatan untuk perjalanan, yakni hand sanitizer, tisu antiseptik, semprotan disinfektan, obat-obatan, dan masker tambahan.

2. Rencanakan jalur yang akan dilalui

Selama dua tahun tidak mudik Lebaran mungkin membuat Anda harus kembali mengingat  jalur-jalur yang harus dilalui saat mudik. Oleh sebab itu, cobalah siapkan rencana rute mana saja yang nantinya ingin dilalui.

Misalnya, memilih jalan tol yang praktis dan bebas hambatan, jalan arteri, atau jalan alternatif untuk menghindari macet. Selain itu, tentukan kapan Anda akan berhenti di beberapa rest area untuk beristirahat sejenak. 

3. Istirahat cukup

Mudik yang umumnya dilakukan di bulan Ramadan jelang Idul Fitri juga menjadi tantangan tersendiri karena tentunya masih harus dilakukan sambil berpuasa.

Agar tubuh tidak terlalu lelah saat menempuh perjalanan jauh, ada baiknya beristirahat terlebih dahulu beberapa saat sebelum melakukan perjalanan.

Dengan kondisi tubuh yang sehat, bugar, dan cukup istirahat, perjalanan akan semakin tenang. Apabila diperlukan, bisa membawa bekal makanan untuk berbuka.  Berbuka di mobil bisa mengurangi risiko terpapar virus di saat kondisi seperti saat ini.

4. Periksa kesiapan mobil yang akan digunakan

Pastikan kondisi dan kesiapan mobil untuk mudik sebelum melakukan perjalanan. Terlebih jika Anda sudah lama tidak membawa mobil dalam perjalanan jauh. 

Periksa kondisi komponen utama mobil, seperti baterai aki, mesin, ban, rem, lampu hingga bahan bakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Sup telur puyuhMudik Lebaranmudik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru