Fitur Terbaru Telegram, Bisa Bikin Suara Sesuka Hati untuk Notifikasi 5 Detik

Apr 21, 2022 08:42
Telegram (Foto: Esportsku)
Telegram (Foto: Esportsku)

JATIMTIMES - Aplikasi pesan instan Telegram kembali merilis fitur terbarunya berupa pembuatan suara notifikasi sesuka hati. Dalam keterangannya, pengguna Telegram bisa mengatur suara apapun sebagai nada notifikasi. 

Selain itu, pengguna bisa menggunakan file audio pendek yang diunggah dari ponsel untuk diatur sebagai nada notifikasi. Fitur ini mendukung file audio dan pesan suara di bawah 300 KB, yakni hanya berdurasi kurang dari 5 detik. 

Nantinya, pengguna bisa menetapkan suara ke obrolan tertentu atau seluruh grup obrolan. Untuk mengatur notifikasi suara yang diinginkan, pengguna masuk ke menu pengaturan dan pilih pemberitahuan serta suara. 

Jika pengguna tidak memiliki nada yang ingin digunakan, bisa memilih dari berbagai opsi, mulai dari bel hingga nada kucing. Sebagai informasi, nada notifikasi pada pesan instan WhatsApp tidak bisa diubah, hanya bisa menggunakan pilihan nada dering yang disediakan developer aplikasi saja.

Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi Telegram. Selain nada notifikasi khusus, Telegram telah meluncurkan durasi bisu khusus. 

Sebelumnya, pengguna hanya bisa menonaktifkan notifikasi selama 1 jam, 8 jam, atau 2 hari. Namun kali ini, pembaruan baru memberi pengguna lebih banyak opsi.

Mengutip dari Android Police, fitur ini dianggap lebih praktis karena dapat mengatur mulai dari 30 menit, bahkan untuk periode 2 bulan jika hendak istirahat panjang.

Aplikasi yang dikembangkan warga Rusia ini juga membuat beberapa perubahan khusus termasuk peningkatan terjemahan dalam aplikasi di iOS yang mendukung banyak bahasa seperti Telegram versi Android. Selain itu fitur baru Telegram juga bisa mengakses fitur hapus otomatis langsung dari profil yang dapat diatur. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Telegramaplikasi telegram di indonesiafitur baru Telegram

Berita Lainnya

Berita

Terbaru