Anak Sungai Meluap, SDN Bulukerto 3 Kota Batu hingga Saluran Irigasi Pertanian Terkena Imbas

Apr 20, 2022 19:21
Lumpur yang mengendap usai terkena banjir luapan di SDN Bulukerto 3 Kota Batu. (Foto: Istimewa)
Lumpur yang mengendap usai terkena banjir luapan di SDN Bulukerto 3 Kota Batu. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Sebagian kelas SDN Bulukerto 3 di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu terendam banjir luapan. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, informasi yang didapatkan pada Rabu (20/4/2022) tidak mengganggu aktivitas warga sekolah.

Banjir terjadi akibat luapan yang terjadi lantaran volume sungai tinggi. Sehingga, luapan itu membuat beberapa ruang kelas digenangi air. Bahkan, setelah menyusut tampak lumpur masih tersisa di dalam ruang kelas juga halaman sekolah. Pembersihan dan penyemprotan material lumpur bersama Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan langsung dilakukan.

Untungnya aktivitas di dalam sekolah pun berjalan dengan lancar. Sebab proses belajar mengajar saat ini tengah dilakukan Pondok Ramadan.

“Tidak sampai mengganggu aktivitas sekolah, karena tadi hanya material sisa lumpur saja yang masuk ke halaman sekolah,” ucap Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

“Setelah penyemprotan dan pembersihan sudah normal kembali,” imbuh Agung. 

Agung menambahkan, kejadian itu bermula saat hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan anak sungai meluap. Sehingga luapan tersebut membawa material lumpur dan masuk ke dalam SDN Bulukerto 03 sampai masuk ke dalam kantin sekolah. Akibat meluapnya anak sungai itu bukan hanya berimbas pada sekolah tersebut, tetapi saluran irigasi untuk pertanian dan Kantin sekolah terendam lumpur.

“Dengan dimensi Panjang 5 meter dan lebar 3 meter,” tutup Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BanjirKota Batuinsiden banjirbanjir kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru