Tingkatkan Keilmuan Agama para Anak Yatim dan Duafa, Ini yang Dilakukan Gencar Malang

Apr 20, 2022 13:08
Gencar Malang, memberikan kontribusi positif untuk para anak yatim piatu maupun kaum dhuafa (Ist)
Gencar Malang, memberikan kontribusi positif untuk para anak yatim piatu maupun kaum dhuafa (Ist)

JATIMTIMES - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang yang tergabung dalam Gencar Malang memberikan kontribusi positif untuk para anak yatim piatu maupun kaum duafa. 

Bekerjasama dengan Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN), dilaksanakan kegiatan Pesantren kilat Ramadhan 1443 H mengusung tema “Ramadan, Semangat Berbagi, Merawat Negeri”.

Ilyass Ketua Panitia pelaksana menyampaikan, melalui helatan ini, mahasiswa dilatih memiliki jiwa sosialisasi dalam bermasyarakat. Hal ini termasuk juga turut mencerdaskan generasi bangsa dengan meningkatkan wawasan dan ilmu agama Islam bagi anak-anak.

1

"Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai Kamis-Minggu(14-17/4/2022). Lokasinya, di Lembaga Pendidikan Mambaul Hikmah, Karangploso, Malang," jelasnya. 

Peserta dalam kegiatan ini, adalah para anak yatim dan kaum duafa setingkat SD dan SMP yang berjumlah kurang lebih 45 peserta. Mereka dipilih para peserta tersebut dengan penuh pertimbangan yang dilatarbelakangi bahwa anak-anak perlu mendapatkan ilmu dan bimbingan keagamaan yang memadai. Dengan begitu, diharapkan para generasi generasi penerus tersebut, mampu untuk menjalani kehidupan baik dunia dan akhirat dengan baik.

Kegiatan ini, awalnya akan diselenggarakan di Kota Malang, namun karena sulit memilih panti asuhan di Kota Malang yang belum tersentuh donatur, maka kegiatan ini digeser ke daerah Kabupaten Malang, tepatnya di Lembaga Pendidikan Mambaul Hikmah Karang Ploso.

“Sebagai bagian dari mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari YBM PLN, kami menginisiasi untuk membantu anak yatim dan duafa sekaligus memberikan materi tentang keislaman seperti ibadah salat, puasa, baca tulis al Quran, wudhu, dzikir, serta publik speaking. Seluruh materi diisi oleh para mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang penerima beasiswa dari YBM PLN,” terang alumni MAN 2 Kota Madiun ini.

2

Sementara itu, Koordinator Bagian Kemahasiswaan UIN Maliki Malang, Iwan Sugiarto, SE.,MM menyampaikan, jika kegiatan seperti ini sangatlah bagus. Sebab, hal ini juga bisa menjadi sarana media pembelajaran bagi para mahasiswa, sekaligus wujud pengabdian kepada masyarakat.

"Semoga kegiatan sosial kemasyarakatan seperti itu tetap berlanjut sehingga pendampingan yang dilakukan oleh Bagian Kemahasiwaan menjadi lebih signifikan. Insyallah kegiatan ini membawa banyak berkah dan manfaat untuk kita semua, baik bagi mahasiswa dan khususnya untuk anak-anak yang ikut pesantren kilat," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Gencar sendiri merupakan komunitas mahasiswa UIN Maliki Malang penerima beasiswa dari Yayasan Baitul Mal Perusahaan Listrik Negara (PLN). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN Maliki Malanghonda sport motoshow

Berita Lainnya

Berita

Terbaru