Tiktokers Made Larasati Kenang Sekolah Termahal di Serpong

Apr 20, 2022 09:30
Sejumlah fasilitas megah di SMA Tarakanita (sumber gambar : tiktok.com/@madelarasati)
Sejumlah fasilitas megah di SMA Tarakanita (sumber gambar : tiktok.com/@madelarasati)

JATIMTIMES- Viral video diunggah oleh akun Tiktok Made Larasati pada Rabu (20/04/2022). Pasalnya, tiktokers tersebut mengunggah video tur sekolah yang memperlihatkan fasilitas-fasilitas mewah pada sekolah tersebut.

Berawal dari niatnya untuk mengambil rapor yang ia tinggalkan selama kurang lebih 3 tahun. Ia mengunggah video tur sekolahnya, Sekolah yang dimaksud adalah SMA Tarakanita. Sekolah ini memang terkenal memiliki bangunan megah dengan fasilitas mewah di dalamnya.

SMA Tarakanita sendiri berada di bawah naungan Yayasan Tarakanita. sebuah yayasan Katholik yang didirikan pada 7 Juli 1952. Yayasan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Kongregasi Suster Carolus Borromeus dalam bidang Pendidikan dan pengajaran.

Sampai saat ini, yayasan Tarakanita telah mengelola sekolah di 7 Wilayah: Bengkulu dengan 4 Sekolah, Lahat dengan 4 Sekolah, Tangerang dengan 8 Sekolah, Jakarta dengan 18 Sekolah, Yogyakarta dengan 10 Sekolah, Jawa Tengah dengan 9 Sekolah serta Surabaya dengan 8 Sekolah.

Dalam unggahan video Tiktok Made Larasati tersebut memperlihatkan bahwa di SMA Tarakanita terdapat tempat parkir dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp. 25.000. Beberapa netizen berpendapat bahwa kebijakan sekolah memberikan biaya parkir untuk mencegah penggunaan kendaraan di bawah umur. Hal ini juga dirasa cukup baik, jika para siswa keberatan maka tidak akan membawa kendaraan ke sekolah.

"gue nyebrang dulu soalnya bayar parkir disekolah gue tuh duapuluh lima ribu guys" tuturnya.

Seperti yang diketahui, salah satu persyaratan menggunakan kendaraan adalah memiliki SIM. Dan memiliki SIM tentunya harus sudah menginjak usia 17 tahun. Sedangkan, rata-rata siswa SMA baru mencapai usia tersebut ketika menjelang kelulusan.

Selain biaya parkir yang cukup mahal, Made Larasati memperlihatkan sejumlah fasilitas mewah seperti gym megah, taman besar yang asri, dan kantin yang terlihat seperti foodcourt di Mall besar. Tidak hanya itu Made juga menunjukkan lapangan basket yang berjumlah 3, kemudian memperlihatkan kampus UPH yang memiliki lokasi yang sama.

Tidak berhenti di situ fasilitas kolam renang Olympic yang besar dan panjang juga diperlihatkan. Hal ini membuat para netizen berdecak kagum akan tampilan sekolah Tarakanita tersebut. Toilet besar dan bersih yang diperlihatkan pun terbilang cukup mewah karena nampak seperti jajaran toilet di dalam bioskop. Salah satu brand kopi yang juga terkenal mahal yaitu Starbucks, ternyata pernah membuka booth disekolah tersebut. Namun, sekarang telah tergantikan dengan Maxx Coffee.

"Dulu pas gue SMA tuh masih ada Starbucks, sekarang Maxx Coffe," kata Made.

Di dalam kantin SMA Tarakanita sendiri menjual berbagai macam menu, salah satunya adalah mie babi. Yaitu, olahan mie yang memiliki toping daging babi. Kendati demikian, mayoritas warga sekolah merupakan pemeluk agama Katolik sehingga hal itu tidak menjadi perdebatan. Namun, harga bakmi tersebut harus merogoh kocek sebesar Rp. 30.000 untuk dapat dinikmati dalam setiap mangkuknya.

Selain itu, Made Larasati juga menerangkan bahwa siswa yang menginjak rumput akan diberi hukuman yang tidak main-main. Hukuman terberat adalah diberlakukannya DO atau Drop Out dari sekolah. Meskipun sekolah ini terkenal dengan gaya hidup yang cukup mahal namun SMA Tarakanita menjadikan attitude atau sikap adalah yang utama.

"Dulu kalau nginjek rumput disini tuh DO cuman nggak tau deh sekarang," ujar Made.

Jika membicarakan soal fasilitas sekolah yang mewah, maa tidak terlepas dari pembicaraan biaya sekolah yang mahal. Melansir dari website resmi SMA Tarakanita, biaya formulir pendaftaran di sekolah bergengsi tersebut sejumlah Rp. 355.000 yang sudah termasuk biaya tes minat bakat. Dalam sekolah tersebut terdapat enam kelas dengan dua jurusan saja yaitu IPA dan IPS.

Dilansir dari beberapa sumber, uang pangkal SMA Tarakanita dalam satu tahun dibuka dengan angka Rp. 25.000.000 dengan pembayaran uang bulanan sekolah sebesar Rp. 2.500.000.

Meskipun memiliki biaya sekolah yang cukup mahal, namun ada beberapa keringanan bagi para siswanya. Selain beasiswa, SMA Tarakanita memberikan kebebasan pendapatan beasiswa sebesar Rp. 700.000 bagi siswa yang memiliki saudara dengan status siswa aktif di SMA tersebut.

Jika siswa tersebut memiliki orangtua atau saudara kandung yang pernah menempuh pendidikan di tempat tersebut, maka siswa tersebut akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 500.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Viralmade larasatisekolah mewahmewarnai rambut

Berita Lainnya

Berita

Terbaru