Ormawa UIN Maliki Malang Bersinergi, Sharing Wawasan Kepeloporan bagi Mahasiswa

Apr 19, 2022 20:08
Para Pengurus dan Anggota Unit Kegiatan Khusus/Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK/UKM) UIN Maliki Malang (Ist)
Para Pengurus dan Anggota Unit Kegiatan Khusus/Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK/UKM) UIN Maliki Malang (Ist)

JATIMTIMES -  Bagian Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang terus mendorong peningkatan kemampuan para mahasiswa. Utamanya para pengurus dan anggota unit kegiatan khusus/unit kegiatan mahasiswa (UKK/UKM) UIN Maliki Malang. 

Hal ini dilakukan salah satunya dengan menggelar pembinaan kepeloporan bagi mahasiswa beberapa waktu lalu (16/4/2022).

Koordinator Bagian Kemahasiswaan UIN Maliki Malang H Iwan Sugiarto SE MM menyampaikan bahwa kepeloporan merupakan upaya maksimal dalam mengembangkan potensi yang ada dalam diri.

Pengembangan diri yang dimaksud adalah agar SDM mampu merintis dan inovatif dalam melakukan terobosan, menjawab tantangan, serta mampu menemukan solusi atas masalah yang dihadapi.

"Sebagai contoh, dalam konteks organisasi kemahasiswaan, saat ini perlu dilakukan perubahan pola dan budaya organisasi," paparnya. 

Menurut Iwan, pengelolaan organisasi atau lembaga, termasuk organisasi mahasiswa, haruslah bernasib pada output based management. Hal ini artinya dalam pengunaan anggaran di setiap program haruslah mempunyai output yang jelas. 

“Karena itu, setiap UKK/UKM perlu menyusun rencana strategis (renstra), sehingga roda organisasi dijalankan memiliki arah dan tujuan yang lebih jelas. Selain itu, hasil capaiannya  bisa diukur," ungkapnya.

Kegiatan pembinaan kepeloporan bagi mahasiswa ini diikuti oleh 150 orang pengurus dan anggota UKK/UKM.  Pembinaan kepeloporan mahasiswa ini dikemas santai dengan bentuk dialog interaktif. 

Pada kesempatan itu pula, diadakan ta'aruf oleh tiap wakil UKK/UKM yang hadir. Tidak hanya itu. Kegiatan bertambah meriah dan aktif dengan diwarnai sesi sharing pengalaman lucu nan unik dalam berorganisasi serta joke-joke kekinian yang update dan segar sehingga memeriahkan suasana jelang berbuka pada puncak kegiatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN Maliki MalangLayanan dmindukUnit Kegiatan MahasiswaMahasiswa UIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru