Aliran Sungai Paron Kembali Meluap, 15 Rumah Warga Kota Batu Terdampak Banjir

Apr 19, 2022 18:18
Kondisi banjir luapa di Aliran Kali Paron, Dusun Beru dan Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istmewa)
Kondisi banjir luapa di Aliran Kali Paron, Dusun Beru dan Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istmewa)

JATIMTIMES - Kali paron menjadi langganan banjir luapan setiap kali hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kota Batu. Banjir pun kembali terjadi pada Selasa (19/4/2022). Alhasil, 15 kartu keluarga terdampak banjir luapan Aliran Kali Paron, Dusun Beru dan Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji.

Saat banjir, luapan lumpur menutup badan jalan. Kondisi itu mengakibatkan lalu lintas warga terganggu. Bahkan, sejumlah rumah warga tergenang air dan lumpur.

“Korban yang terdampak ada 15 KK atau rumah,” ucap Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Untuk mempercepat proses pembersihan penyemprotan material lumpur terdapat 14 lembaga yang dilibatkan, yakni BPBD Kota Batu, Dinas PUPR, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, Perangkat Desa Bumiaji, Polres Batu, Polsek Bumiaji. Kemudian Koramil Bumiaji, Agen Bencana Provinsi Jatim, FPRB Bumiaji, ORARI, Pemuda Pancasila, Brigade Penolong, TAGANA, RAPI, Relawan BPBD Kota Batu, dan warga.

Upaya mendatang yang harus dilakukan agar tidak terulang banjir luapan perlu dilakukan rekonstruksi Sungai Paron. Selanjutnya juga perlu dilakukan normalisasi untuk menambah kapasitas Sungai Paron.

“Jika upaya ini tidak segera dilakukan, banjir luapan tetap akan terjadi saat hujan deras melanda Kota Batu, dan warga akan terdampak,” ujar Agung.

Agung menambahkan, hujan intensitas tinggi di Kota Batu memicu peningkatan debit air di Sungai Paron. “Ditambah berkurangnya kapasitas sungai, mengakibatkan air meluap,” imbuh Agung.

Ya, setiap kali Kota Batu dilanda hujan deras lebih dari satu jam, volume aliran Sungai Paron akan tinggi. Hingga menyebabkan luberan air ke jalan dan rumah warga. Kondisi itu pun cukup meresahkan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BanjirKota Batukota batu banjirBPBD Kota Batuberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru