Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Cara Kelola Uang THR Agar Tak Kalap Belanja, Nomor 3 Paling Penting

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

19 - Apr - 2022, 16:08

Ilutrasi uang. (Foto: pinterest)
Ilutrasi uang. (Foto: pinterest)

JATIMTIMES - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, para pekerja bakal menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Tunjangan yang cukup dinantikan saat momen lebaran tentunya dijadikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, terutama saat pandemi seperti sekarang.

Sederet kebutuhan yang mengalami kenaikan pun tetap harus disikapi dengan bijak meski telah mendapatkan uang THR. Sehingga, kebutuhan selama lebaran tetap terpenuhi dan uang THR tak lenyap begitu saja. 

Nah, supaya tidak kalap membelanjakan uang THR, ada sederet tips yang perlu diperhatikan. Berikut tips yang dirangkum JatimTIMES.

1. Pisahkan THR dan Gaji

Pastikan kalian saat menerima THR tidak berlebihan melihat nominal di ATM setelah THR masuk. Usahakan pisahkan THR dan gaji bulanan untuk kebutuhan lebaran dan bulanan.

Dua hal tersebut harus dipisahkan untuk mencegah terjadinya pemborosan anggaran selama lebaran.

2. Belanja Sesuai Kebutuhan

Cara terbaik untuk menghindari kalap belanja adalah dengan mengingat kembali anggaran yang sudah dibuat. Kesampingkan barang-barang yang tidak dibutuhkan agar tak sembarangan dibeli. Ada baiknya, kalian menetapkan prioritas dengan menulis daftar belanjaan. Sehingga, saat belanja tidak kalap untuk membeli sederet barang yang sedang tidak kalian butuhkan.

3. Tentukan Anggaran

Kalian harus membuat rincian terkait kebutuhan  lebaran. Misalnya, tiket mudik pulang-pergi, membeli bahan-bahan untuk masakan lebaran, membeli baju anak, THR untuk keluarga dan kebutuhan lainnya. Jauh-jauh hari, tentukan dan perkirakan anggaran yang akan kalian keluarkan selama lebaran.

4. Siapkan Dana Darurat

Meski hari lebaran singkat, bukan berarti kalian tidak perlu menyiapkan dana darurat. Sebab, kita tidak pernah tahu hal tak terduga yang bisa saja terjadi sat lebaran. Dana darurat juga tidak hanya disiapkan untuk lebaran saja. Pastikan kamu juga memiliki dana darurat meski momen lebaran sudah selesai.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy